Prediksi Akhir Tahun 2021 Beroperasi, DPR Minta Percepatan Pembangunan Tol Cisumdawu

Prediksi Akhir Tahun 2021 Beroperasi, DPR Minta Percepatan Pembangunan Tol Cisumdawu

RAKYATCIREBON.ID-Komisi XI DPR RI mendorong percepatan pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) di Cileunyi, Jawa Barat (Jabar), guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga menyatakan Tol Cisumdawu diperkirakan bisa mulai beroperasi pada akhir tahun 2021. Proses pembangunan juga dinilai berjalan relatif baik. Meski demikian, pihaknya berharap agar tol sudah siap digunakan di pertengahan tahun 2021 jika memungkinkan.

“Namun, kami meminta untuk adanya percepatan. Komisi XI DPR RI sepakat untuk meminta kepada semua stakeholder yang ada, untuk mempercepat paling tidak sebelum akhir tahun depan sudah dapat selesai secara keseluruhan dan dapat dimanfaatkan untuk masyarakat umum dan juga perkembangan industri,” kata Eriko bersama Tim Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI saat meninjau pembangunan Jalan Tol Cisumdawu di Cileunyi, Senin (12/10/2020)

Menurut Eriko, percepatan pembangunan Tol Cisumdawu dapat mengakselerasi proses pertumbuhan ekonomi. Sebab, Jabar merupakan satu daerah penyangga ibu kota sehingga pertumbuhan ekonomi di provinsi dapat berpengaruh ke ibu kota. Jabar juga menjadi salah satu provinsi dengan sentra industri dan pertanian yang sangat penting.

“Dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, membuat pertumbuhan ekonomi Jabar menjadi sangat penting bagi proses pertumbuhan di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Eriko.

Dirinya menuturkan, pertumbuhan ekonomi ini bisa terjadi jika didukung dengan fasilitas dan sarana penunjang seperti bandara dan pelabuhan yang memungkinkan pengiriman logistik dan hasil produksi di Jabar ke wilayah lainnya.

“Tanpa adanya jalan tol yang menghubungkan bandara atau pelabuhan ke sentra sentra industri yang ada di Jabar ini, maka tidak mungkin hal itu (pertumbuhan ekonomi) akan terjadi dengan baik,” pungkas Eriko.

“Untuk itu, Komisi XI DPR RI ingin mengetahui sejauh apa perkembangannya yang ada di sini. Apabila ada permasalahan, tentu kami bisa membantu untuk menyelesaikan,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!