Prestasi Voli Anjlok, Tak Ada Wakil Cirebon di Pelatda

7
KONI Kabupaten Cirebon Genjot Pembinaan Atlet


SUMBER – Dua atlet asal Kabupaten Cirebon dipastikan mewakili Jawa Barat dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 mendatang. Kedua atlet masing-masing berasal dari cabang olahraga (cabor) silat atas nama Nirmalasari Octaviani dan Yeni Fajarwati dari cabang wushu.

koni cirebon
KONI. Image by koni.or.id

Keikutsertaan atlet cabang wushu menjadi prestasi tersendiri bagi pengurus daerah setempat karena cabang olah raga tersebut tergolong baru di Kabupaten Cirebon.  “Baru pertama wushu Kabupaten Cirebon masuk PON karena termasuknya cabor baru, tepatnya dari tahun lalu diresmikannya di sini. Cabor lain yang baru itu muaythai tapi belum lolos,” kata pengurus Bidang Pembinaan dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Cirebon, Edy Rosadi, Senin (28/9).

Peresmian pengurus daerah kedua cabor tersebut menambah jumlah cabor di bawah kepengurusan KONI Kabupaten Cirebon menjadi 35 cabor. Lebih lanjut, Edy menjelaskan keikutsertaan kedua atlet tersebut sudah dipertegas lewat surat resmi dari KONI Provinsi Jawa Barat.

Edy menjelaskan, Yeni yang tercatat sebagai warga Kecamatan Sumber akan mengikuti kelas taolu di cabor wushu. Sedangkan, Nirmalasari yang merupakan warga asal Lemah Abang diunggulkan pada kelas 45 kilogram di cabor silat Jawa Barat.

Nirmalasari dianggap tak tertandingi pada kelas tersebut setelah meraih urutan ketiga pada kejuaraan internasional di Vietnam beberapa waktu lalu.
Selain kedua altet tersebut, Edy menyebut ada setidaknya belasan atlet dari cabor lain yang diunggulkan masuk kontingen Jawa Barat pada PON kali ini. Diantaranya dari cabor balap motor, gulat, atletik dan bilyar.Namun, jumlahnya tak sebanyak cabor menembak yang diakui sebagai cabor unggulan di Kabupaten Cirebon selama ini.

Dari keterangan Ketua Harian Persatuan Olahraga Menembak Indonesia Kabupaten Cirebon, Ali Mashar ada setidaknya 12 atlet yang kini menjalani seleksi masuk tim Jawa Barat untuk PON 2016.Ke-12 atlet tersebut berrnama Sholeh, Sudarno, Zaitun, Yousie, Vegy, Naura Amalia, Nina Agustina, Alia Zaeriana, Dewi Laila, Eric Angga, Ahmad Yanto, Rangga Lawe dan Gaby.
“Saat ini mereka sedang menjalani Pelatda PON. Keputusan masuk-tidaknya sebagai atlet Jawa Barat nanti diperkirakan pada Desember 2015,” kata Ali menambahkan.

Ia memastikan, seluruh atlet asal Kabupaten Cirebon yang dipastikan memperkuat kontingen Jawa Barat akan diumumkan pada Januari 2016 mendatang. Berbeda dengan prestasi wushu, cabor voli putra yang mengharumkan nama Kabupaten Cirebon pada PON sebelumnya justru anjlok. Edy mengatakan, tim voli putra daerahnya tak satu pun ada yang lolos dalam tim Jawa Barat untuk PON kali ini.

Ia menduga penurunan prestasi disebabkan kurangnya pembinaan di tingkat pengda. “Untuk fasilitas olahraga di Kabupaten Cirebon ini sebenarnya ada semuanya. Tapi mungkin kondisinya seadanya saja cuma bisa dipakai untuk latihan,” kata Edy. Ia menambahkan, regenerasi atlet juga sudah diupayakan semaksimal mungkin oleh pihak KONI Kabupaten Cirebon bahkan dari mulai tingkat Sekolah Dasar. “Ini kembali lagi faktornya karena kekurangan anggaran,” keluhnya. (ari)

BAGIKAN