Puluhan Perempuan SPP Ikuti Pelatihan UPK

75
Pelatihan
PELATIHAN.  Puluhan perempuan yang tergabung ke dalam kelompok perguliran Simpan Pinjam Perempuan mengikuti kegiatan pelatihan, Rabu (25/4).

SUMBER – Puluhan perempuan yang tergabung ke dalam kelompok perguliran Simpan Pinjam Perempuan (SPP) mengikuti kegiatan pelatihan di salah satu hotel di Jalan Tuparev Kecamatan Kedawung, Rabu (25/4).

Mereka berasal dari 22 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Cirebon dan merupakan bagian dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK)di kecamatan masing-masing.

Untuk diketahui, UPK ini dulunya merupakan bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat yang programnya telah berhenti pada 2014 lalu. UPK di 22 kecamatan inipun pada saat PNPM masih aktif, telah  berhasil menggulirkan Rp 32 miliar dalam kelompok simpan pinjam.

Dan kini, dari 22 kecamatan ini dana yang digulirkan telah mencapai Rp 60 miliar. “Ada 1800 kelompok perguliran SPP ini dari 22 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Cirebon, hari ini dilatih terutama soal manajerial,” kata Ketua Forum UPK Kabupaten Cirebon Qodir di sela pelatihan.

Menurut Qodir, kelompok di 22 kecamatan ini memiliki jenis usaha yang berbeda-beda, ada yang melakukan jenis usaha secara individual, maupun ada yang bersama-sama. Jenis usaha anggota kelompok di antaranya kerajinan, kuliner, hingga perdagangan.