Ribuan Guru SD Ikut Workshop

208
SEMINAR.
SEMINAR. Ribuan guru dari perwakilan Sekolah Dasar se-Kabupaten Kuningan, memadati GOR Ewangga Kuningan dalam Acara Workshop.

KUNINGAN– Ribuan guru dari perwakilan Sekolah Dasar se-Kabupaten Kuningan, memadati GOR Ewangga Kuningan dalam Acara Workshop Pendidikan Tahun 2018 pada hari Senin, (30/4). Acara yang dilaksanakan selama satu hari tersebut terselenggara atas swadaya para guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan, dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM serta menumbuhkan pendidikan karakter bagi peserta didik di Kabupaten Kuningan.

Plt Bupati, Dede Sembada, ST tampak hadir pada acara tersebut didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Kabag Humas Setda Dr. Wahyu Hidayah, M.Si., Para Pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Narasumber kegiatan Workshop dengan tema, “Designing Project Based Learning Based On Curriculum 2013” ini antara lain Dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diwakili oleh Kasubid Kurikulum Dr. Juanda Nil Syah MA Kepala LPMP Provinsi Jawa Barat Dr H Tatang Suhendar MSi (Widyaiswara Utama), Ketua PGRI Provinsi Jawa Barat Dr HK Edi Parmadi, M.MPd dan Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, Drs H Pipin M Arifin, M.Si.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Dian Rahmat Yanuar mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan hasil swadaya para Guru, dalam rangka meningkatkan kompetesinya menghadapi tantangan kondisi saat ini.

“Tantangan kedepan bagi para Guru harus dapat meningkatkan kompetensinya, dimana kita sebagai pelaku pendidikan dapat meningkatkan pendidikan karakter bagi peserta didik,” katanya.

Workshop ini, kata Dian, dihadiri sedikitnya 1500 guru dari berbagai pelosok, walapun serba terbatas namun hasil raport pendidikan tingkat SD yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) kita meningkat, kecuali Sarana Prasarana (Sarpras).

“Raport Pendidikan untuk keseluruhan bagus dan mengalami peningkatan, namun hanya satu yakni dari Sarpras Pendidikan yang kurang memadai,” tutur Dian.

Menyambut Hardiknas tahun ini, lanjut Dian, berbeda dari tahun sebelumnya, diawali dengan workshop, kemudian upacara, kirab ribuan merah putih oleh pelajar, sosio drama kolosal pendidikan, pentas seni budaya pelajar, malamnya ialah resepsi dan apresiasi insan Pendidikan.

“Ini sesuai dengan arahan pak menteri dan pak plt bupati Dede Sembada, dalam hardiknas tahun ini peringatan diorientasikan pada peningkatan konpetensi dan nulai-nilai patriotism,” jelasnya.

Plt. Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada para Guru yang telah memberikan ilmunya kepada generasi penerus bangsa.

“Atas didikan para Guru, jutaan orang menjadi berilmu. Saya dapat berdiri disini juga atas jasa dan didikan Guru. Terima Kasih Bapak Ibu Guru, terima kasih sudah mendidik dan mengajar saya sehingga saya bisa jadi seperti ini,” kata Desem.

Lebih lanjut Dede menyampaikan, sejalan dengan visi Kabupaten Kuningan yaitu Mandiri, Agamis dan Sejahtera Tahun 2018, yaitu Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui penanaman nilai agama, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, daya saing dan pengarusutamaan gender dalam kehidupan berbudaya dan harmonis.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah menyambut baik pelaksanaan workshop pendidikan ini, hal ini tentunya menjadi momentum yang sangat strategis dan bermanfaat bagi tenaga pendidik, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang merancang berbasis proyek sesuai tantangan dan semangat kurikulum 2013,” pungkasnya. (ale)

BAGIKAN