Ribuan PNS Kota Cirebon Belum Terdaftar PUPNS

27
CIREBON – Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) di Kota cirebon secara keseluruhan berjalan lancar. Sebab, semua kendala dapat diatasi dengan mudah oleh masing-masing operator SKPD setelah mereka mengikuti sosialisasi PUPNS beberapa minggu lalu.

pns kota cirebon
Ilustrasi PNS. Image by jawapos.com

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BK Diklat) Kota Cirebon Anwar Sanusi SPd MSi mengatakan, hampir seluruh atau 50 persen lebih dari jumlah PNS di Kota Cirebon datanya sudah terdaftar Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melalui operator SKPD.

“Karena operator mereka sudah terlatih, jadi sangat tipis untuk terjadi kesalahan data. Kalau pun ada juga pasti dapat diatasi oleh pihak operator. Jadi input data ke BKN tergolong cepat,” ujar Anwar, kepada Rakyat Cirebon, Kemarin.

Menurutnya, data yang sudah masuk ke BKN harus segera ditindaklanjuti atau di update untuk mengisi kekurangan yang ada. PUPNS harus segera rampung diakhir Desember. Karena data tersebut akan digunakan pemerintah pusat untuk tahun 2016 mendatang.

“Pendataan PUPNS memang sudah ada sejak tahun 2008 itu pun masih manual. Tapi, PUPNS tahun 2015 ini dilakukan secara online. Artinya, data-data yang lama dipindahkan melalui sistem online. Untuk jumlah PNS di kota Cirebon sendiri ada sebanyak 6.242,” paparnya.

Ditambahkan, pendataan ulang PNS ini untuk mengetahui mana saja PNS yang sudah PNS dan belum. Sebab, tahun sekarang saja jumlah PNS yang pensiun ada 58 orang dari kalangan pendidik atau guru. “Sementara di tahun 2016 mendatang ada 131 PNS yang pensiun dengan berbagai komposisi,” pungkasnya. (dic)

BAGIKAN