Sa’i Belum Selesai Sudah Keburu Berbuka Puasa

Perjalanan Umrah Ramadan Rakyat Cirebon - Salam Tour (13)

394
Sa'i
PADAT. Tempat jemaah melakukan Sa’i di Masjidil Haram, Mekkah, terlihat sangat padat.   

Rombongan Umrah Ramadan Bersama Salam Tour tiba di Makkah Al-Mukarramah, Selasa sore. Ibadah umrah pertama dilakukan para jamaah. Mengambil Miqat di Masjid Bir Ali, beberapa kilometer dari Kota Madinah, 20 jamaah dalam rombongan sudah lengkap berpakaian ihram sebelum memasuki Kota Mekkah.

Sesampainya di Mekkah, suasana kemacetan terjadi ketika menuju hotel, tempat menginap para jamaah. Begitu juga ketika mulai masuk Masjidil Haram, jutaan manusia berjubel. Ada yang beribadah umrah, ada juga yang iktikaf di 10 hari terakhir Ramadan.

Salah satu jamaah, Haji Maman mengatakan bahwa luapan jamaah seperti saat dirinya beribadah haji tahun 2016 lalu. Suasananya sangat mirip karena jamaah memadati titik-titik krodit. Saat rangkaian ibadah umrah berupa thawaf misalnya. Hampir seluruh ruangan di dekat Kakbah terisi jamaah dari seluruh dunia. Begitu juga saat Sa’i. Satu orang hanya bisa dua langkah, lalu tak bisa bergerak, harus mencari celah untuk terus berjalan saat Sa’i berlangsung.

“Jamaah dari seluruh dunia banyak yang menunggu datangnya Ramadan. Ditambah lagi dengan ibadah lainnya, seperti umrah, iktikaf, dan lainnya,” kata Haji Maman.