Satu Balon Mengundurkan Diri Sebelum Penetapan

4
DEPOK – Satu dari empat bakal calon (balon) kuwu mengundurkan diri sehingga hanya tiga balon yang ditetapkan panitia pemilihan kuwu (pilwu) Desa Kasugengan Lor, Kecamatan Depok. Ketua Panitia Desa Kasugengan Lor, Kecamatan Depok, Tola Sag mengungkapkan sebelumnya ada empat balon kuwu yang mendaftarkan diri kepada panitia.

calon kuwu cirebon
Calon Kuwu Keugengan Lor. Foto : Casmudi/Rakyat Cirebon

Namun, pada saat penetapan hanya tiga balon kuwu yang ditetapkan menjadi calon.Hal tersebut dikarenakan ada salah satu balon kuwu atas nama Ade Irma Nuryala, mengundurkan diri sebelum masuk tahapan penetapan. Pada surat pernyataan pengunduran diri yang disampaikan balon tersebut beralasan pihak keluarga mencabut kembali persetujuan dirinya untuk menjadi balon kuwu.

“Pada tahapan ini kami menetapkan tiga balon kuwu menjadi calon, dimana sebelumnya terdapat empat balon kuwu, akan tetapi salah satu balon mengundurkan diri sebelum penetapan,” terang Tola, kepada Rakyat Cirebon, usai acara.

Disampaikan Tola, pengunduran diri balon kuwu tersebut sudah sesuai dengan aturan perbub dan tidak ada sanksi. Jika pengunduran diri tersebut diajukan setelah adanya penetapan balon menjadi calon, maka sesuai dengan yang tercantum pada perbup, akan dikenakan sanksi berupa denda Rp50juta.

Mengenai pengunduran diri tersebut tidak perlu harus mendapatkan persetujuan Bupati karena tidak ada aturan atau petunjuk yang mengharuskan demikian.
“ Saya tidak tahu mengapa bisa mundur, kan tergantung yang bersangkutan, mungkin belum siap. Dan saat ini ada tiga balon yang ditetapkan menjadi calon yakni  sodara Ali dan Agus Susanto serta Suharno,” paparnya.

Pejabat Kuwu Desa Kasugengan Lor, Kecamatan Depok, Nono Suharno menjelaskan, pelaksanaan penetapan balon menjadi calon berjalan dengan lancar, tanpa ekses maka dari itu panitia bisa melanjutkan tahapan-tahapan pilwu selanjutnya.

Diharapkan Nono, pelaksanaan seluruh tahapan pilwu tidak ada kendala apapun agar bisa terlaksana dengan aman kondusif sampai dengan terpilihnya kuwu definitif. (caz/mgg)

BAGIKAN