Selama Musim Penghujan, Dandim 0617/Majalengka: Babinsa Siaga Bencana Pantau di Wilayah Binaan

Selama Musim Penghujan, Dandim 0617/Majalengka: Babinsa Siaga Bencana Pantau di Wilayah Binaan

RAKYATCIREBON.ID-Selama musim penghujan tahun ini, Dandim 0617/Majalengka, Letkol Harry Subarkah, menyampaikan penekanan agar para Babinsa terus bersiaga memantau wilayah binaan dan melaporkan setiap perkembangannya.

Penekanan Dandim tersebut, disampaikan agar semua Babinsa terus bekerja sama dengan aparat desa dan elemen masyarakat, apabila terjadi hujan deras dan tanah longsor serta pergerakan tanah atau kejadian lainnya.

Menurutnya, Babinsa harus segera mengambil tindakan penanganan cepat dan tepat sesuai kejadian di lapangan, khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi tanah longsor dan pergerakan tanah, banjir maupun kejadian lainnya.

“Sesuai peta situasi di Koramil masing-masing, kami himbau agar diantisipasi karena bisa saja terjadi pada puncak musim hujan,” ujar Harry, saat meninjau ke lokasi ambruknya senderan tembok penyangga Jembatan Lebak Ciatayeum, Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Selasa (28/01).

Harry meminta para Babinsa terus mengingatkan warga binaannya, terutama yang rumahnya dibangun di area rawan longsor atau pergerakan tanah dan diminta supaya lebih berhati-hati, karena dikhawatirkan hujan deras dapat menyebabkan bencana alam tersebut.

“Tak hanya mengingatkan masyarakat di daerah potensi bencana longsor, saya perintahkan para Babinsa di lokasi yang berpotensi bencana, untuk melakukan pengumpulan data lokasi rawan bencana tanah longsor, pergerakan tanah dan banjir serta lainnya,” ungkap Harry.

Harry menyatakan, langkah tersebut adalah salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya bahaya bencana alam yang dapat menyebabkan korban jiwa. “Para Babinsa lakukan Komsos secara aktif, mengingatkan bagi warga masyarakat waspadai cuaca ekstrem musim hujan tahun ini. Lakukan tindakan cegah dini untuk menghindari korban yang besar,” tandasnya. (rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!