Selly Andriany Gantina: Keterbukaan Informasi adalah Sikap Inklusif

Selly Andriany Gantina: Keterbukaan Informasi adalah Sikap Inklusif

RAKYATCIREBON-ID-Mewujudkan Indonesia maju ditentukan beberapa faktor penentu. Salah satunya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkarakter.

Di sisi lain, institusi pendidikan merupakan salah satu entitas penting untuk membentuk karakter anak bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi VIII DPR RI Hj Selly Andriany Gantina sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di hadapan mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon, Rabu (4/12), di aula kampus setempat.

“Maka dari itu, mahasiswa dalam mencari ilmu jangan hanya dari sisi teorinya. Tapi juga dalam pergaulan yang luas, melalui kuliah umum, media massa dan lainnya. Yang jelas, harus menyerap dan mengimplementasikan nilai-nilai yang positif,” ungkap Selly.

Wakil rakyat dari Dapil VIII Cirebon dan Indramayu itu menyerukan ajakan kepada mahasiswa untuk mencintai kemajemukan dan keberagaman yang ada di Cirebon. Mengingat, salah satu nilai dasar dari Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia adalah nilai persatuan.

“Untuk itu, upaya kita sebagai generasi muda dalam menjaga semangat persatuan diantaranya dengan mengedepankan rasa saling menghargai, tanpa melihat perbedaan suku, ras, maupun agama,” kata politisi perempuan PDI Perjuangan itu.

Tidak hanya itu, Selly juga menyebutkan, tantangan generasi muda di tengah era internet of things dan keterbukaan informasi adalah sikap inklusif dan kemandirian.

“Sekarang di arus keterbukaan informasi, segalanya bisa diakses di internet. Tapi jangan sampai, tanpa dasar nilai persatuan, keterbukaan informasi justru melahirkan radikalisme dan separatisme,” katanya.

Dikatakan Selly, dirinya merasa memiliki kewajiban untuk menyosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada semua elemen masyarakat, termasuk generasi muda.

“Untuk bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari,” kata mantan wakil bupati Cirebon itu.

Dalam kesempatan tersebut, Selly juga membuka lomba vlog dengan tema kebhinekaan di mata generasi milenial. Lomba tersebut terbuka untuk umum.

Caranya sederhana, cukup unggah video atau vlog di masing-masing akun instagram dilengkapi caption dan tandai akun @sellygantina76.Dalam 3 hari, akan diumumkan pemenangnya dan berhak atas hadiah yang sudah disiapkan. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!