Sempat Ditunda, Eksekusi Lahan di Ciledug Lancar

7
CILEDUG – Eksekusi lahan yang dilakukan Pengadilan Negeri (PN) Sumber di Desa Ciledug Kulon, Kecamatan Ciledug, berjalan lancer, Senin (13/9).
Padahal, saat eksekusi pertama sempat memanas bahkan nyaris ricuh dengan aparat dan terjadi kesepakatan hingga akhirnya ditunda.

eksekusi lahan
Eksekusi lahan lancar. Foto : Kim Abdurahman/Rakyat Cirebon

Panitera PN Sumber, Ating Budiman SH MH mengatakan, pihaknya akan menindak tegas jika kembali dihalangi. “Ini merupakan eksekusi lanjutan kemarin, karena waktu itu kita tunda dan sekarang dilanjut,” ungkap Ating.

Sebenarnya, kata dia, eksekusi bisa langsung dilakukan pada waktu awal, namun demi menjaga kondusifitas, pihaknya sengaja memberikan waktu beberapa hari untuk dilakukan pengosongan akan tetapi, hingga 1 Minggu lebih, pihak pemilik lahan tidak melakukan pengosongan.

Hingga akhirnya, pihaknya melaksanakam ekseskusi keduanya tersebut Senin (13/9). “Kami waktu itu hanya ingin menjaga kondusifitas saja,” tegasnya.
Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga kondusifitas, dalam eksekusi tersebut dikawal oleh 200 anggota kepolisian resort (Polres) Cirebon.

Kabag Ops Kompol Rendra, kepada Rakcer, mengatakan dalam mengamankan berjalannya eksekusi kedua yang dilakukan oleh PN Sumber, pihaknya sengaja mengerahkan sekitar 200 personel. “Dalam eksekusi kali ini, kita libatkan dari Sabhara, Reskrim Intel, dalam rangka pengamanan eksekusi. Kita juga siapkan Dalmas dan Water canon,” tegasnya.

Sebelumnya, eksekusi lahan Rumah luas tanah dan bangunan milik Dodi Setiadi 275 meter persegi di Desa Ciledug Kecamtan Ciledug Kabupaten Cirebon (24/8). Yang sudah meminjam uang ke pihak bank BTN sebesar Rp477 juta. (Kim)

BAGIKAN