Sempat Tertunda, SKB CPNS Kemenag  Digelar di IAIN

Sempat Tertunda, SKB CPNS Kemenag Digelar di IAIN

RAKYATCIREBON.ID – Meski sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) digelar di IAIN Syekh Nurjati Cirebon mulai pekan ini. Sedianya SKB digelar Mei lalu.

Kasubag Kepegawaian Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Dra Siti Yayah N MSi mengatakan dipilihnya IAIN Cirebon sebagai lokasi pelaksanaan SKB lantaran dinilai representatif. Apalagi SKB digelar secara daring. Oleh karena itu dibutuhkan lembaga yang siap secara teknis.

Yayah menjelaskan, muncul kekhawatiran SKB ini tidak bisa digelar di IAIN. Lantaran belum lama, dosen IAIN Cirebon ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga lingkungan kampus itu disterilkan dari aktivitas fisik. Namun berdasarkan pertimbangan tertentu, SKB tetap digelar di IAIN Cirebon.

“Ini adalah hajat nasional. IAIN Cirebon hanya panitia lokal yang menyediakan tempat saja,” kata Yayah.

Yayah menambahkan, SKB merupakan rangkaian. Sebelumnya peserta SKB telah mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada 27 Februari 2020 lalu di Bandung.

Untuk menunjang kegiatan SKB CPNS, IAIN Cirebon dilengkapi sarana dan prasarana yang sangat memadai, seperti ketersediaan laptop, jaringan internet, dan ruangan yang representatif. SKB diikuti 81 peserta terdiri dari peserta berdomisili di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Di IAIN Cirebon sendiri, terdapat 25 formasi. Namun hanya tersisi 22 saja. Formasi tersebut, yaitu untuk prakom, dosen, arsiparis, dan pelaporan keuangan.

“Yang mendaftar formasi untuk di IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini ada yang dari Riau, Kalimantan, Metro Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur. Dan mereka mengikuti ujian di daerah mereka masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu, Analis Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon sekaligus panitia lokasi, H Mawardi memaparkan, berdasarkan domisili peserta SKB CPNS di Kota Cirebon sebanyak 40 peserta dengan tujuan formasi yang berbeda-beda.

“Kita di sini hanya melayani berdasarkan domisili saja. Jadi tahapannya itu, untuk tanggal 14 sampai 17 (September 2020) adalah ujian praktek, tanggal 18 psikotes, dan tanggal 19 sampai 22 tes wawancara,” kata dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!