Cie… 100 PNS Kota Cirebon Naik Pangkat

56
Walikota Minta Pegawai Terus Tingkatkan Prestasi dan Etos Kerja


KEJAKSAN– Sebanyak 100 PNS di lingkungan Pemkot Cirebon mengalami kenaikan pangkat dan golongan. Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis SH menyerahkan langsung kutipan SK kenaikan pangkat tersebut usai apel memperingati Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Balikota Kota Cirebon, Kamis (1/10).

pns kota cirebon
PNS Kota Cirebon. Foto : Dicki Priyansa/Rakyat Cirebon

“Kami mengucapkan selamat kepada 100 PNS atas kenaikan pangkatnya,” katanya kepada Rakyat Cirebon. Dikatakan Azis, kenaikan pangkat bukan merupakan hak,  melainkan penghargaan atas kinerja yang telah dilakukan oleh pegawai tersebut.Kenaikan pangkat ini, lanjut mantan Ketua DPRD Kota Cirebon ini, berdasarkan penilaian dari sasaran kinerja pegawai, dimana dari hasil penilaian tersebut maka ditentukan apakah sudah layak diberikan kenaikan pangkat ataukah belum. “Alhamdulillah, dari jumlah keseluruhan 100 pegawai sudah sepantasnya mendapatkan kenaikan pangkat,” tuturnya.

Azis berharap, seluruh PNS khususnya 100 PNS di Kota Cirebon dapat menjalankan tugas dan kewengannya seperti apa yang telah diamanatkan.“Kami berharap dan meminta, kenaikan pangkat ini dapat dijalankan dengan baik dan benar. Tunjukan etos kerja serta prestasi kerjanya,” katanya.
Terpisah, Kepala BK Diklat Drs H Anwar Sanusi MSi melalui Kabid Mutasi Dudung Saefudin mengatakan, untuk kenaikan pangkat ini terdiri dari golongan pangkat IIId kebawah yakni golongan IIId, IIIc, IIIb, IIIa, IId, IIc, IIb, dan IIa.

“Jadi begini, kenikan pangkat ini ada dua opsi yakni fungsional umum dan tertentu. Untuk 100 pegawai ini merupakan kenaikan pangkat ini dari fungsional umum (pelaksana). SK golongan IIId kebawah ini ditandatangani langsung oleh walikota, ” ungkapnya. Sedangkan untuk fungsional tertentu, sebut Dudung, masih dalam proses dengan jumlah 160 pegawai.Menurutnya,  Kenaikan pangkat 1 Oktober ini merupakan kenaikan pangkat yang tepat.Diungkapkannya, ada 7 poin yang terkandung dalam SKP dimana ke tujuh poin tersebut harus baik nilainya.

“Ketujuh poin penilaian itu terkait tupoksi, orientasi pelayanan, intergritas, komitmen, disiplin, kerjasama tim baik, dan yang terakhir bagi pejabat struktural ditambah nilai kepemimpinan,” bebernya.Ketujuh poin itu, sebutnya, dinilai selama dua tahun berturut-turut. “Jika selama dua tahun baik, kemungkinan akan mendapat kenaikan pangkat,” tandasnya.Dudung menambahkan, perbedaan setiap golongan tentu yakni dari gaji. (dic)

BAGIKAN