Setiap Pekan Kenaikannya Bergantian

440
PEDAGANG
PEDAGANG. Salah seorang pedagang sembako di pasar tradisional Majalengka sedang melayni pembeli.Memasuki pekan pertama Ramadan beberapa komoditas mulai mengalami kenaikan. Diantaranya cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kol, buncis dan tomat.

MAJALENGKA-Kenaikan berbagai jenis harga kebutuhan sehari-hari terus berlangsung di bulan Ramadan ini. Kini, berbagai jenis cabai dan sayuran mengalami kenaikan di rentang Rp 1.000 hingga Rp 6.000 per kilogram.

Kenaikan harga tersebut lebih disebabkan meningkatnya permintaan konsumen, sedangkan stok barang masih relatif aman.

Informasi diperoleh dari salah seorang pedagang di pasar Jatitujuh, Uka, beberapa komoditas yang harganya naik diantaranya cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kol, buncis dan tomat.

Menurutnya, barang dagangan naik terus, sebelum puasa sampai sekarang. Tapi naiknya tidak sekaligus.

“Pekan lalu kan bawang merah dan cabai merah biasa yang naik, sekarang nyusul cabai jenis lain termasuk sayuran. Cabai rawit hijau dan merah kini harganya Rp30 ribu per kilogram, dan cabai merah kriting Rp40 ribu per kilogram,” ujar Uka kepada Rakyat Majalengka, Rabu (23/5).

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Majalengka, Rd Umar Ma’ruf mengatakan, kenaikan harga sulit dihindari. Hal ini dikarenakan permintaan konsumen bertambah banyak seiring dengan tibanya Ramadan. Kenaikan harga berlangsung sebelum Ramadan, tetapi tidak sekaligus. Komoditas yang mengalami kenaikan setiap pekannya bergantian.