Siaga Bencana, BPBD Samakan Persepsi dengan Relawan

110
Badan Penanggulangan Bencana Daerah
KOMPAK. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Kabupaten Kuningan, menggelar berbagai kegiatan diantaranya Apel Kesiapsiagaan Bencana.

KUNINGAN – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Badan Nasional Penanggulangan Benacana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Kabupaten Kuningan, menggelar berbagai kegiatan diantaranya Apel Kesiapsiagaan Bencana, bertempat di Camp. Pengungsian Desa Cipakem Kecamatan Maleber.

Selain itu melakukan pendampingan pengungsi Desa Cipakem, Evakuasi mandiri, Simulasi Kebencanaan di cam pengungsian serta trauma healing.

Kegiatan itu sebagai bentuk edukasi masyarakat dan para relawan kebencanaan untuk menyamakan persepsi serta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebencanaan di Kabupaten Kuningan yang termasuk daerah rawan bencana cukup tinggi di Jawa Barat.

Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan Rakuni (Ngarawat Kuningan) yang dipusatkan di Kebun Raya Kuningan (KRK) Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan pada 21-22 April 2018.

Acara itu dikuti oleh 25 organisasi, komunitas, relawan penanggulangan bencana. Sebut saja Tagana, Sandikala, Mahapala, Antapala, Candradimuka, Senkom, Pramuka eduli Bencana, Akupala, BTB Baznas, MDMC, RAPI, PPGC Palutungan, Abrul, AKAR, CAT, PMI, Kaliandra, PORPITA, Timbal Fkom, Eka Satria Buana, Karmapala, Semayantala, Himapa FE, Trauma Centre Team BPBD, UCS BPBD, Pusdalops BPBD.

Beberapa agenda pada kegiatan tersebut dianataranya sharing Informasi kebencanaan, simulasi vertical rescue, out bound serta simulasi SAR gedung.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin mengatakan, dirinya menyambut baik kegiatan ini sekaligu untuk mengecek langsung kesiapan petugas BPBD ataupun relawan, karena bencana alam bisa datang kapan saja dan dimana saja, oleh karena itu seluruh personil harus siap ketika terjadi bencana alam.

“Kuningan merupakan daerah rawan bencana di Jabar, oleh karena itu kita BPBD dan relawan harus siap,” jelasnya. (ale)