Siaga, Lanal Cirebon Siapkan Satu Pleton Personel Bantu Penanganan Bencana

30
Siaga bencana Lanal Cirebon/net

RAKYATCIREBON.ID-Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon menyiagakan satu pleton personel untuk membantu penanganan bencana di musim penghujan bersama Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon.

Komandan Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan, disiagakannya satu pleton personel untuk membantu pemerintah kota dan kabupaten Cirebon dalam melakukan penanganan di beberapa wilayah rawan bencana alam.

“Satu pleton personel ini sifatnya mobile. Mereka bisa diterjunkan di mana saja ketika terjadi bencana,” ujar agung usai Apel Gelar Pasukan Satgas Bencana Alam, di Mako Lanal Cirebon, di Jalan Kesunean, Kota Cirebon, Rabu (08/01).

Namun secara keseluruhan, kata Agung, semua personel Lanal Cirebon yang berjumlah 185 orang, memiliki tanggung jawab untuk membantu pemerintah setempat dalam menangani bencana alam.

Agung menyebutkan, adapun beberapa titik rawan bencana banjir yang ada di kota Cirebon di antaranya, Kecamatan Harjamukti, Pekalipan, Kesambi, dan beberapa wilayah lainnya.

“Sementara untuk di Kabupaten Cirebon, yang menjadi titik rawan banjir yakni, Ciledug, Gebang, Ciwaringin, Depok, Gempol, Kepetakan. Tapi sejauh ini berdasarkan laporan belum ada kejadian yang signifikan,” sambungnya.

Agung menambahkan, selain di wilayah Cirebon, pihaknya pun akan menerjunkan sejumlah personel untuk berpartisipasi dalam penanganan bencana alam di beberapa daerah, seperti di Kabupaten Kuningan dan Indramayu.

“Ketika ada bencana alam, kita pasti akan melibatkan diri bersama pihak lain dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat,” tandasnya. (rmol)