Siapkan Lahan, Pemkot Segera Bangun Pusat Rehabilitasi bagi Pecandu Narkoba

5
Genderang perang terhadap narkoba terus didengungkan. Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Cirebon juga coba untuk memberikan solusi bagi pecandu narkoba. Salah satunya membuat tempat rehabilitasi bagi pecandu narkoba

PEMKOT Cirebon rencananya akan membangun pusat rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Hal itu disampaikan Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH saat menghadiri nonton bareng (nobar) film Merry Go Round, di Grage Convention Hall, kemarin.

Walikota Cirebon, Nasrudin Azis. Foto : Nurul Fajri/Rakyat Cirebon

“Kita harus mencari lahan untuk membangun tempat rehabilitasi. Nanti Pak Sekda, tolong kita cari tempatnya di mana yang tepat,” ungkap Azis, seraya mengintruksikan sekda untuk segera mencari lahan guna pembangunan pusat rehabilitasi pecandu narkoba.

Menurutnya, penanganan kepada pecandu narkoba harus direhabilitasi. Meski disadari Azis, proses rehabilitasi membutuhkan waktu yang tidak singkat, tapi upaya itu dianggap tepat.  “Agar kita memiliki pusat rehabilitasi pecandu narkoba,” katanya.

Sejalan dengan rencana pembangunan pusat rehabilitasi bagi pecandu narkoba yang bertekad sembuh, kata Azis, pihaknya juga akan menyediakan dokter yang secara khusus menangani itu.  “Siapa saja dokternya? Direktur RSUD Gunungjati harus menyiapkan itu,” pinta Azis kepada direktur RSUD Gunungjati.

Azis menegaskan, upaya untuk memerangi narkoba dan menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba, harus dilakukan semua pihak.  “Dan tanpa action, upaya itu akan sia-sia. Tapi kalau kita lakukan bersama-sama, insya Allah terwujud,” katanya.

Selain itu, Azis juga menginstruksikan kepada kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon untuk memutar film Merry Go Round di setiap sekolah. Tujuannya, agar para pelajar di Kota Cirebon memiliki kesadaran tinggi akan bahaya narkoba, sehingga tidak terjerat di dalamnya. “Kepada Kepala Dinas Pendidikan, film ini harus diputar di setiap sekolah. Agar pelajar kita bisa menjauhi narkoba,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Sementara itu, mantan Direktur Peran Serta Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) yang turut nobar film Merry Go Round, Brigjen Pol Siswandi mengapresiasi rencana Pemkot Cirebon untuk membangun pusat rehabilitasi bagi pecandu narkoba.  “Saya kira langkah itu sangat bagus. Memang harus membangun itu. ya kalau ada lahan 3 hektar saja, itu sudah cukup untuk membangun,” kata Siswandi.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, DR Wahyo MPd menyatakan, pihaknya siap melaksanakan instruksi walikota terkait pemutaran film Merry Go Round di sekolah-sekolah.  “Kita nanti akan bahas dengan BNN Kota Cirebon terkait teknis pemutaran film itu di sekolah-sekolah seperti apa,” kata Wahyo.

Cerita dalam film Merry Go Round sendiri diangkat dari kisah nyata. Secara singkat, film ini mengisahkan orang tua yang berusaha untuk mengeluarkan anaknya dari jerat narkoba. (jri)

BAGIKAN