Siwindu Bantu Korban Bencana Alam

422

Dede Sembada menerangkan, bantuan itu ditujukan untuk penanganan paska bencana alam Desa Margacina Kecamatan Ciwaru, Desa Cipakem Kecamatan Maleber, serta bencana alam Desa Pinara Kecamatan Ciniru.

Masyarakat terdampak bencana di beberapa daerah itu sangat membutuhkan penanganan pemulihan paska bencana terutama hunian sementara bagi warga terdampak bencana yang kini secara bertahap telah dibangun ratusan unit hunian sementara.

Sementara itu, Ketua RWK, H Sanis Ghazali menuturkan, dirinya bersama rekan-rekan, memandang perlu melihat langsung lokasi huntara tersebut untuk mengetahui sejauhmana kebutuhan para korban terdampak bencana yang telah direlokasi ke sana.

“Bantuan spontanitas hasil pengumpulan dari berbagai komunitas yang tergabung ke dalam RWK. Juga dari para donatur yang ada di DKI Jakarta seperti para pengusaha, komunitas Arab, pebisnis dan yang lainnya,” tutur Sanis yang didampingi pembinanya, H Atang Sugiyono beserta para ketua paguyuban perantau lainnya.

Sanis menambahkan bahwa masyarakat perantau asal Kuningan tidak akan sampai di sini untuk menunjukkan kepeduliannya pada saudara mereka yang terkena bencana dan yang membutuhkan di daerahnya.

Paguyuban dan komunitas perantau tersebut diantaranya, Si Windu Maju Kabeh, Komunitas Wargi Kuningan (KWK), Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kuningan (IPPMK), Paguyuban Perantau Putra Kuningan (P3K) yang tergabung dalam satu kesatuan organisasi Rukun Wargi Kuningan (RWK).

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap saudara-saudara yng terkena musibah, Pada hakekatnya warga Kuningan di perantauan masih semangat untuk memberikan bantuan, ini tidak akan kita stop, karena kami yakin belum menyentuh kepada semua dari mereka yang membutuhkan,” pungkasnya. (ale)