SKB CPNS Kemenag Hari Kelima Bermasalah, Psikotes Dijadwal Ulang

SKB CPNS Kemenag Hari Kelima Bermasalah, Psikotes Dijadwal Ulang

RAKYATCIREBON.ID – Hasil pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Agama yang digelar di IAIN Syekh Nurajati Cirebon hari kelima, Jumat (18/9) dianulir.

Pasalnya, SKB yang menjadwalkan psikotes daring ini terkendala gangguan sistem dan jaringan dari panitia pusat. Sehingga dinyatakan tidak sah. Panitia pun menjadwalkan ulang psikotes SKB ini serentak secara nasional.

Salah satu peserta SKB CPNS dari Cirebon, MM mengatakan, kendala server sudah dirasakannya sejak menit pertama. Bahkan untuk login peserta, komputer harus direfresh beberapakali. MM yang harus mengerjakan 120 soal dalam 2 jam ini mengaku terkendala secara teknis. Pasalnya distribusi soal daring terlalu lambat. 

“Ada soal yang saya bisa kerjakan 5 detik. Tapi harus menunggu sekitar 1 menit untuk mengisi soal selanjutnya. Ini mengganggu sekali karena tidak bisa efektif waktu,” ujar dia. 

Idealnya, peserta yang selesai menjawab 1 soal bisa langsung melaju ke soal selanjutnya. Di samping itu, diakui MM ada beberapa soal yang menggunakan ilustrasi gambar. Namun di layar minitor gambar tidak muncul. “Hanya ada pertanyaan dan jawabannya saja. Jelas ini bikin bingung peserta,” katanya.

Yang lebih mencengangkan, ada beberapa peserta yang tuntas menjawab soal. Namun setelah direview panitia, jawaban soal tersebut berubah. Tidak sama dengan jawaban semula peserta. “Saya menyaksikan sendiri kejadian ini,” ujar Misbah.

Sementara itu,  Kasubag Kepegawaian IAIN Cirebon Dra Siti Yayah  N MSi membernarkan, lantaran kendala sistem dan jaringan, psikotes dipastikan diulang. Berdasarkan Pengumuman dari Kementerian Agama, psikotes bakal digelar pada 3 Oktober 2020 menggunakan sistem daring.

“Pelaksanaan SKB sebetulnya lancar. Hanya terkendala server dari pusat saja untuk hari ini. Mungkin karena tesnya serentak menggunakan daring. Jadi server kurang kuat. Jadi harus ditambah,” kata dia.

Pelaksanaan SKB CPNS di IAIN Cirebon diikuti 81 peserta untuk sejumlah formasi. “Besok (hari ini) tetap berjalan (tes) untuk wawancara,” kaya Yayah.

Sedangkan, Ketua Panitia Seleksi, Nizar dalam Pengumuman resminya mengatakan, penjadwalan ulang psikotes murni karena kendala sistem dan jaringan pusat. Pihaknya meminta peserta SKB tak panik. Selain itu, pihaknya juga mengimbau untuk tidak terprovokasi dengan pihak tak bertanggung jawab.

“Diimbau agar para peserta tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk apapun,” tukas dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!