SMKN 1 Jawara Divisi Satu

8
Tim Putri MAN 3 Menang Dramatis

KESAMBI – SMKN 1 Cirebon patut diwaspadai pada Popkota Oktober 2015 mendatang. Pasalnya, beberapa cabang Olahraga yang biasanya terkonsentrasi di SMAN 4 kini perlahan mulai diimbangi dengan sekolah lain seperti halnya SMKN 1.

tim bola basket
Tim bola basket SMKN 1. Foto : Sudirman/Rakyat Cirebon

Bahkan bola basket yang menjadi Cabor unggulan dalam kualifikasi atau divisi satu, SMKN 1 berhasil menjadi yang terbaik setelah menundukan SMAN 7 di partai final, di Gor Bima Cirebon, kemarin. SMKN 1 menang atas lawannya dengan skor telak yakni 19-2. Skor tersebut membuktikan bahwa SMKN 1 memang layak untuk berlagar di divisi utama mendatang.

Jalannya pertandiangan dilaga final itu didominasi SMKN 1. Passing yang terukur dan lay up yang mematikan membuat SMAN 7 Kota Cirebon kelimpungan. Pertahanan SMAN 7 pun berhasil digempur habis-habisan. Bahkan, di quarter pertama, SMAN 7 belum bisa mencuri poin. Dimenit akhir pada quarter 2, SMAN 7 hanya berhasil mencuri 2 poin yang tetap tidak berpengaruh membuat mental pemain lawan, lantaran SMKN 1 sudah unggul jauh.

Hingga peluit dibunyikan pada quarter final, sekor poin untuk SMAN 7 hanya 2, sedangkan SMKN 1 berhasil meraih 19 poin. Izza selaku pelatih SMKN 1, bangga atas hasil yang sudah diraih oleh anak asuh. Dikatakan, untuk bisa meraih juara 1 dan masuk ke divisi utama anak asuhnya harus menunggu satu tahun. Sehingga, dirinya dan anak asuhnya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan melakukan latihan rutin untuk mempersiapkan diri menghadapi atsmofer divisi utama.

“Kita akan menggenjot para pemain kita dengan latihan rutin yang akan kita lakukan. Mungkin bisa sampai 4 kali latihan dalam satu minggu,” terangnya.
Dengan komposisi tim saat ini, dirinya yakin hal ini merupakan kompisisi terbaik. Pasalnya, SMKN 1 banyak dihuni oleh kelas 1. Dirinya juga berharap, bisa menampilkan yang terbaik didivisi utama. Hal tersebut, kata Izza, tentu bukanlah hal yang mudah, lantaran tim-tim yang berada didivisi utama merupakan tim-tim yang bagus.

“Kami akan tunjukan yang terbaik divisi utama. Kalau bisa kita masuk semifinal mas. Itu saja harapan kami. Karena tim divisi satu tentunya berbeda dengan tim divisi utama,” ujarnya. Sementara itu, pelatih SMAN 7, Riand Miandi mengatakan, meski dirinya tidak berhasil meraih kemenangan di laga final dan hanya bisa menyabet predikat juara 2. Dirinya akan mengevaluasi timnya dengan memperbanyak porsi latihan. “Intinya, untuk kedepannya kita akan perbanyak porsi latihan,” ujarnya seusai laga final.

Riand berharap, timnya bisa menunjukan disetiap pertandingan yang akan dilakoni divisi utama nanti dengan permainan terbaik dari komposisi pemain yang ada. Sementara itu, euforia kemenangan pun dirayakan oleh MAN 3 putri setelah mempermalukan SMA Al Azhar di laga final POPKOTA cabor basket divisi satu. MAN 3 berhasil mengalahkan SMA Alzhar dengan sekor 15 – 11.

Jelas saja pelatih MAN 3, Muhammad Anwar Sadat terlalu emosional ketika anak asuhnya berhasil menang. Pasalnya, di quarter pertama MAN 3 harus mengakui kehebatan SMA Al Azhar. Anwar, sapaan akrab pelatih MAN 3 ini mengatakan, dirinya akan terus melatih skil dan tehnik pemainnya untuk mempersiapkan diri menghadapi lawan berikutnya di divisi utama gelaran Popkota ini.

“Kita akan berusahan semaksimal mungkin, kemudian kita juga akan menggenjot latihan. Karena untuk divisi utama nanti tentunya tidak mudah mas,” kata anwar.
Dirinya mengharapkan, agar anak asuhnya bisa meraih posisi 3 didivisi utama. “Ya syukur-syukur dapat gelar, pengennya mah juara 1, ya minimalnya juara 3,” harapnya. (man/mgg)

BAGIKAN