Soal Pemilihan Wakil Bupati Cirebon, 15 Hari Lagi Belum Punya Pilihan

Soal Pemilihan Wakil Bupati Cirebon, 15 Hari Lagi Belum Punya Pilihan

***Fraksi-Fraksi di DPRD Kabupaten Cirebon soal Pemilihan Wakil Bupati

RAKYATCIREBON.ID – Pelaksanaan pemilihan wakil bupati semakin dekat. Agendanya dijadwalkan panitia pemilihan (panlih) 2 Desember mendatang. Artinya, tinggal 15 hari lagi waktu tersedia sampai dengan pemilihan.

Kendati demikian, fraksi di DPRD masih belum membuka suara. Masih menutup diri terkait pilihan akan diberikan untuk siapa. Mereka beralasan belum adanya keputusan fraksi.

Ketua Fraksi Demokrat, Muklisin Nalahudin SH MH, mengaku fraksinya belum menentukan pilihan. “Karena kita di fraksi belum membahasnya. Jadi belum ada keputusan fraksi. Insya Allah mendekati pelaksanaan sudah ada keputusan. Yang pasti, Fraksi Demokrat solid,” ucap Muklisin ketika ditemui Rakyat Cirebon, Selasa (17/11).

Hal yang sama diakui politisi Nasdem, Asep Zaenudin Budiman. Di fraksinya, keputusan memilih salah satu kandidat cawabup belum ada. Pasalnya, dinamika politik terus berubah. Makanya, Asep tidak ingin berspekulasi lebih jauh. Terlebih ketika membawa nama keputusan fraksi. “Kita di fraksi masih terus membahasnya. Belum ada kecondongan ke salah satu pihak,” kata Asep.

Alasannya, lantaran tahapan di panlih sendiri sampai saat ini belum tuntas. Sehingga penggodokan kedua nama masih terus menjadi pembahasan di internal partainya.

Makanya, sembari menunggu penetapan, Nasdem tidak ingin terburu-buru menentukan pilihan. “Nasdem masih menunggu tuntasnya tahapan panlih. Kan sebagaimana kita ketahui, panlih saja masih belum tuntas. Jadi sambil meninjau tahapan panlih, kita terus membahasnya. Kita tidak mau terburu-buru menentukan pilihan,” terang Asep.

Di samping itu, kata Asep, posisinya saat ini bukan lagi sebagai ketua fraksi. Baru digantikan oleh Moch Gofur Akbar. Otomatis, masih fokus internal partai disbanding dengan hajat pengisian cawabup. 

Sebagai Ketua DPD Nasdem Kabupaten Cirebon, Asep mengaku belum memberikan instruksi apapun. Ditambah, sampai saat ini pimpinan di tingkat level atasnya pun belum mengintruksikan terkait pengisian cawabup. “Saya tidak pernah memberikan instruksi apapun ke fraksi. Ngalir aja. Nanti sambil menunggu penetapan dari panlih,” akunya. 

Tapi, dipastikan keberpihakan itu akan ada ketika tahapannya sudah selesai ditataran panlih. “Nanti ujungnya, sikap itu akan ada. Ketika tahapan di panlih sudah selesai,” pungkasnya.

Seperti diketahui, proses pemilihan wakil bupati Cirebon akan digelar bulan depan. Tepat 2 Desember nanti. Agenda ini hajatnya PDIP. Dua nama sudah didaftarkan untuk dipilih dewan. Yakni Hj Wahyu Tjiptaningsih atau Ayu dan Cunadi. Keduanya didaftarkan oleh PDIP pada Rabu 21 Oktober lalu. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!