Sungai Citangkurak Majalengka Penuh Sampah

66
MAJALENGKA – Kemarau panjang bukan saja menyebabkan sejumlah sungai mulai mengering. Juga, meninggalkan bekas tumpukan sampah yang tidak terbawa arus sungai. Salah satunya sungai Citangkurak yang mengalir tak jauh dari kantor biro Radar Cirebon dan Rakyat Majalengka di kelurahan Majalengka Kulon.

sungai citangkurak majalengka penuh sampah
Sungai Citangkurak. Foto : Herik Diana/Rakyat Majalengka

Terlihat sampah berserakan yang yang mengotori dasar sungai tersebut.
Salah seorang warga, Andri mengatakan, sungai yang mengering membuat sampah tak bisa terbawa arus aliran sungai. Sehingga, sampah terlihat berserakan dan tampak kumuh.

“Beberapa hari yang lalu air masih terlihat mengalir. Namun, sudah dua hari ini terlihat mengering. Saya sebagai warga tentu berharap agar warga tak membuang sampah secara sembarangan. Tapi faktanya masih saja banyak warga yang membuang sampah ke sungai,” ujarnya, Selasa (29/9).

Menurutnya, kendala yang sama akan terjadi ketika musim hujan tiba. Aliran sungai Citangkurak ini biasanya akan meluap karena menumpuknya sampah di sungai tersebut.”Akibatnya jika musim hujan tiba, diprediksi sungai akan terus meluap. Karena memang sampah yang terus bertumpuk akan selalu menyumbat aliran sungai yang seharusnya lancar,” ujarnya.

Warga lainnya, Sumarja mengatakan hal yang sama. Ia melihat pemkab sendiri telah menyediakan tong-tong sampah di sejumlah titik trotoar di sekitar sungai Citangkurak. Hanya saja warga tampaknya lebih suka membuang sampah ke sungai.”Ini budaya yang harus segera diubah, membuang sampah sembarangan bukan solusi terbaik untuk mencegah banjir, justru malah mendatangkan bencana di musim hujan nanti,” paparnya.

Sumarja mengungkapkan, setiap orang harus bertanggung jawab dan mengingatkan dirinya sendiri serta orang lain akan bahaya sampah.
“Artinya, jika budaya buang sampah ke sungai saja masih tak bisa dihilangkan, biasanya nanti pada musim hujan sungai ini akan meluap. Contohnya musim hujan tahun lalu, baru beberapa kali hujan saja sungai ini sudah meluap ke jalanan dan masuk ke rumah warga yang paling dekat dengan aliran sungai ini,” jelasnya. (hrd)

BAGIKAN