Sunjaya “Dikeroyok” Soal Sampah

435

“Selama ini pemda tidak punya lahan sendiri sehingga kesulitan paling besar adalah saat habis masa sewa sehingga sampah menjadi tidak tertampung. Maka dari itu, saya telah merencanakan untuk membuka lahan di wilayah Gempol yang akan dijadikan TPA. Di tahun 2018 ini, saya sudah targetkan Pemda memiliki lahan TPA sendiri tanpa sewa,” tegas Sunjaya.

Jawaban Sunjaya tersebut untuk menjawab sindiran dari pasangan M Luthfi-Nurul Qomar, yang mengatakan, bagaimana mau mensejahterakan rakyat Kabupaten Cirebon, mengurus sampah saja tidak mampu.

Sementara itu, pasangan H Rakhmat SE-Drs H Yayat Ruhyat MSi (Rakyat) mengatakan pengelolaan sampah hanya membutuhkan waktu sebentar. Di bawah satu bulan, pasangan Rakyat menargetkan permasalahan sampah sudah bisa diselesaikan.

“Intinya semua dikelola dengan baik. Sebagai contoh, saat ini kekurangan tenaga sopir karena armada saya rasa cukup, maka kalau mau ada rekrutmen harus sesuai yakni sopir bukan yang lain. Saya kira waktu 15 hari sudah bisa membereskan permasalahan sampah,” ujar Yayat.

Dalam debat kandidat tersebut, cabup Luthfi sering menanyakan soal seringnya Sunjaya melakukan mutasi saat menjadi bupati dulu. Pertanyaan ini sempat juga ditanyakan juga kepada Cabup H Kalinga,  dan Cawabup Yayat Ruhyat, saat masih berada di Baperjakat Kabupaten Cirebon. Namun, jawaban kedua mantan birokrat senior itu cenderung melemparkannya kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang tidak lain adalah Sunjaya sendiri. Keduanya mengaku hanya memberi pertimbangan, sementara keputusan akhir ada pada bupati.

Hingga akhir jalannya debat, suasana berlangsung kondusif. Walaupun sempat dihentikan karena tidak kondusifnya situasi di dalam ruangan, acara dilanjutkan hingga selesai.

Di akhir acara suasana agak rileks dengan penampilan kreasi dari masing-masing pasangan calon. Pasangan Kalinga-Santy menampilkan “sandiwara Cirebon”, Sunjaya-Imron dan Rakhmat-Yayat menyanyi tarling Cirebonan, sementara Luthfi-Qomar menampilkan teatrikal tentang kondisi Cirebon. (yog)