Tambang Emas Ilegal di Majalengka Ditutup Paksa

102
MAJA – Satpol PP dan Polres Majalengka menutup galian tambang emas illegal di  Blok Babakan Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Jum’at (9/10).

tambang emas ilegal majalengka
Tambang emas ilegal. Foto : Ist./Rakyat Majalengka

Berdasarkan informasi yang dihimpun Rakyat Majalengka (Rakyat Cirebon Group), galian tambang yang diduga penuh emas itu setiap harinya sering dipenuhi orang berlalu lalang.

Polisi memasang garis polisi (Police Line) di lokasi tersebut disaksikan Kasi Trantibum Kecamatan Maja Abidin, Kepala Desa Nunuk Baru Nunu Sujana, Kaur Ekbang Desa Nunuk Baru  Mahdi, Sekdes Desa Nunuk  Solihin dan Kanit Reskrim Sek Maja Aiptu Iyan Sudiyanto, Bhabinkamtibmas Brigadir Heri Setiawan.

Sementara itu di, Lokasi tambang emas saat ada petugas datang sudah ada pekerja tambang tiga  orang.  Yakni Suganda (46), Saher (43) dan Iwan (36) yang semuanya warga Tasikmalaya. Sayangnya, ketua pelaksana tambang, H Ubad (50) tidak berada di lokasi.

Menurut Suganda, ketua pelaksana tidak ada dilokasi tambang karena sedang berada di kota Tasikmalaya. Kapolres Majalengka, AKBP Yudi Sulistianto Wahid SIK melalui Kapolsek Maja AKP, Udin Saepudin, setelah melakukan penutupan pihaknya memberikan binaan dan penyuluhan kepada pekerja tambang emas  di lokasi tersebut.

“Kami tutup sebelum ada tim terpadu dari Pemda dan instansi terkait memberikan izin resmi, layak tidaknya lokasi ini dijadikan tambang emas. Para pekerja tambang emas berjanji akan menyampaikan ke pihak atasan agar mengurus proses perizinan yang belum ditempuh,”ujarnya, Jumat (9/10).

Pihaknya bersama Satpol PP melakukan pemasangan police line di dua tempat. Yakni di lokasi sumur tambang yang kedalamannya sudah mencapai 10 Meter, dan yang kedua di lokasi sekeliling tenda penutup lokasi tambang. (hrd/hsn/mgg)

BAGIKAN