Test Akademis Jadi Penentuan Lolosnya Balon Kuwu

31
CIREBON – Bagi desa yang memiliki lebih dari lima balon kuwu maka wajib mengajukan test akademis kepada pemda melalui BPMPD. Test akademis tersebut dipastikan sebagai penentu lolosnya balon kuwu menjadi 5 calon kuwu, hal itu tertuang dalam Peraturan Bupati (perbub) nomor 96/2015 tentang pemilihan kuwu di Kabupaten Cirebon dimana harus menetapkan 5 (lima) orang sebagai batas maksimal calon kuwu.

Pemilihan Kuwu serentak. Doc.kpu.go.id

Ketua panitia pilwu Desa Pegagan, Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, Asikin mengatakan  untuk balon yang tidak lolos dalam test akademis, maka diharapkan untuk menerima hasil tersebut dengan lapang dada. “Balon kuwu harus menerima apapun hasil test akademis,” terangnya saat ditemui diruangan kerjanya beberapa waktu lalu.

Balon kuwu yang mengikuti test akademis akan dinilai sesuai peringkat, dimana rangkinng 1 hingga 5 akan lolos dimana sisanya harus gugur. Salah satu balon kuwu Desa Pegagan, Kecamatan Palimanan Sigit menyatakan kesanggupannya untuk menerima dengan lapang dada jika memang ia tidak lolos dalam test akademis.

Tentu dengan begitu Sigit mengaku akan bersungguh-sungguh untuk mengikuti test akademis, karena spiritnya mendaftarkan diri sebagai balon kuwu tentu ingin membangun desa. “Dan cara untuk membangun desa agar bisa terlaksana maka saya harus bersungguh-sungguh dalam menjalani seluruh tahapan pilwu,” pungkasnya. (caz/mgg)

BAGIKAN