Tidak Ada TPS, Sampah Menumpuk

6
Berserakan di Jalan dan Bantaran Sungai

MAJALENGKA – Berdalih tidak ada lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS), warga di sejumlah daerah membuang sampah sembarangan di sisi jalan dan bantaran sungai.  Seperti di ruas Kadipaten-Dawuan, sampah sering kali terlihat menumpuk di sisi sungai  yang berlokasi tepat di depan makam pahlawan.

sampah  majalengka
Sampah menumpuk. Foto : Hasanudin/Rakyat Majalengka

Begitu juga di ruas jalan Kadipaten-Kertajati, tumpukan sampah akan mudah ditemui dibeberpa titik, salah satunya di sekitar ruas jalan Desa Pakubereum. “Mereka yang membuang sampah kesini, bukan hanya warga sekitar tetapi juga orang luar,” ungkap Wulan warga disekitar bantaran sungai, kepada Rakyat Majalengka (Rakyat Cirebon Group) Selasa (6/10).

Manurut Wulan, warga terpaksa membuang sampah di lokasi tersebut karena tidak ada lokasi yang ditetapkan sebagai TPS. ”Kalau sudah ada tempat yang pasti, kita tidak akan membuang sampah ke bantaran sungai. Karena belum ada, ya terpaksa tidak mungkin kan sampah disimpan terus di rumah,” ujarnya.

Tidak hanya di kawasan utara, pemandangan serupa juga terlihat di ruas-ruas jalan di wilayah selatan Kabupaten Majalengka. Kondisi tersebut terjadi di sejumlah daerah, sehingga akan sangat mudah ditemukan  tumpukan sampah rumah tangga atau limbah lainnya di sisi jalan atau bantaran sungai. Seperti terlihat di ruas jalan Cikijing-Talaga.

Di kawasan tersebut terlihat tumpukan sampah di sisi jembatan Banjaransari. Tumpukan sampah tidak hanya menggangu pemandangan, tetapi juga menimbulkan bau tak sedap.Sama seperti Wulan, warga Banjaransari juga berdalih, mereka terpaksa membuang sampah  ke sisi jalan yang juga bantaran sungai karena belum ada TPS.

”Sebenarnya kami juga tahu itu kurang bagus, tetapi bagaimana lagi di sini belum ada fasilitas untuk pembuangan sampah,” kata Gani, warga setempat.(hsn/mgg)

BAGIKAN