Tim Humas IAIN Dilatih Operasikan Drone

Tim Humas IAIN Dilatih Operasikan Drone

RAKYATCIREBON.ID – Guna mendukung suksesi transformasi kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UIN, peningkatan kapasitas SDM dilakukan Sub Bagian Humas dan Publikasi. Salah satunya dengan mengirimkan tim untuk dilatih mengoperasikan drone oleh PT Terra Drone Indonesia selama 5 hari, Senin (30/11) hingga Jumat (4/12).

Tim yang diikutkan pelatihan antara lain Nasrullah MPdI, Oktavianus Bere SSos, Bekti Sugiono SKom dan Ardan Fahrobi SSos. Mereka dibekali pemahaman teoritis dan kemampuan teknis mengoperasikan drone.

Kepala Sub Bagian Humas dan Publikasi IAIN Cirebon, H M Arifin MPdI memaparkan, upaya peningkatan kapasitas SDM perlu dilakukan. Pasalnya, seiring dengan transformasi menjadi UIN, tuntutan profesionalitas kerja pun meningkat. Salah satunya pada aktivitas dokumentasi dan publikasi yang menjadi tupoksi sub bagian yang dipimpinnya.

“Jelang menjadi UIN Syekh Nurjati Cirebon, Humas IAIN tingkatkan kompetensi dengan mengikutkan tim dari Humas untuk diklat pilot drone,” ucap Arifin.

Dia menambahkan, saat ini Humas IAIN sudah dilengkapi dengan alat kerja yang memadai. Termasuk memiliki unit drone sendiri yang bisa digunakan untuk keperluan dokumentasi dan publikasi aktivitas di lingkungan kampus. “Maka dari itu, diklat drone ini menjadi penting,” ujar Arifin.

Sementara itu, Oktavianus Bere menambahkan pelatihan ini merupakan pengenalan kepada para peserta mengenai hal dasar ketika melakukan pengoperasian pesawat tanpa awak. Khususnya untuk tujuan pemetaan udara menggunakan
drone.

“Peserta juga akan belajar bagaimana cara melakukan flight planning eksekusi penerbangan hingga data processing untuk hasil orthophoto, digital elevation model dan kontur,” ujar Okta.

Diakuinya, drone memiliki kemampuan terutama daya jelajah yang lebih luas dari jangkauan kamera tangan. Dengan memanfaatkan drone, tim Humas IAIN dapat memperoleh data visual dari sudut berbeda. Sebab itu drone menjadi kebutuhan.

Apalagi, IAIN Cirebon kerap menggelar kegiatan yang melibatkan banyak massa. Seperti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Kuliah Kerja Nyata (KKN) hingga wisuda. Tentu semua itu dilakukan disaat sebelum pandemi Covid-19.

“Dengan drone kerja tim Humas IAIN bakal lebih maksimal untuk menangkap momen-momen besar yang ada di kampus IAIN Cirebon,” tukas Okta. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!