Tingkat Kebocoran PDAM Masih Tinggi

5
Opang Bakal Tekan hingga 31 Persen, Ditarget Rp2 Miliar Masuk ke PAD 2017  

KESAMBI – Meski pelayanannya masih banyak yang mengeluhkan lantaran sering terjadi kemacetan aliran air.

Sopyan Satari
Sopyan Satari. dok. Rakyat Cirebon

Namun, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Cirebon mengklaim sukses mencapai target pendapatan pada tahun 2016 kemarin.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PDAM Kota Cirebon, Sopyan Satari SE MM, saat ditemui di kantor sementara sekreariat daerah (setda) di kawasan Bima, akhir pekan lalu.

Pria yang akrab disapa Opang itu menyebutkan, PDAM diperkirakan bisa menyumbang ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cirebon tahun 2016 sebesar Rp1,5 miliar.

Namun demikian, ia menambahkan, untuk mengetahui persis nominal yang harus disetorkan ke PAD 2016, terlebih dahulu harus dilakukan audit oleh tim auditor yang telah ditentukan.

Dimungkinkan, kata Opang, pada Februari mendatang, angka pasti kontribusi PDAM ke PAD sudah bisa diketahui.

“Tapi itu juga menunggu audit dulu‎. Mungkin sekitar bulan Februari bisa diketahui,” katanya.
Diakui Opang, selain diperkirakan mampu menyetor Rp1,5 miliar ke PAD tahun 2016, di tahun yang sama justru tingkat kebocoran air masih tergolong tinggi.

“Sampai akhir tahun masih 36 persen tingkat kebocorannya,” kata dia.

Lantas, bagaimana dengan target PAD pada tahun 2017? Opang mengatakan, dengan berbagai terobosan pihaknya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, diproyeksikan pihaknya bisa menyetor ke PAD sebesar Rp2 miliar.‎ “Tahun 2017 targetnya sekitar Rp2 miliar yang masuk PAD,” ujarnya.

Begitupun dengan tingkat kebocoran, Opang optimis bisa ditekan mencapai sekitar 5 persen dibanding tingkat kebocoran pada tahun 2016.

Itu artinya, penekanan tingkt kebocoran sejalan dengan PAD yang diprediksi akan meningkat.‎ “Tahun depan targetnya 31 persen,” katanya.

‎Seperti diketahui, pelayanan PDAM masuk dalam ratusan aspirasi yang diserap anggota DPRD Kota Cirebon dari kegiatan reses masa persidangan ketiga 2016 lalu. Di beberapa wilayah di Kota Cirebon, air bersih PDAM tak mengalir sebagaimana mestinya. (jri)

BAGIKAN