Tingkatkan Kapasitas RSDGJ dan Puskesmas

Azis-Eti Komitmen Wujudkan Pelayanan Kesehatan Prima dan Mudah

402
Drs Nashrudin Azis SH
MERAKYAT. Calon Walikota Cirebon, Drs Nashrudin Azis SH berfoto bersama warga di kawasan Jagasatru, akhir pekan kemarin.

CIREBON – Pelayanan kesehatan di Kota Cirebon dirasakan masyarakat masih harus ditingkatkan lagi. Setidaknya di dua pusat pelayanan kesehatan, yakni Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) dan puskesmas. Fasilitas kesehatan di sana sudah memadai, tapi perlu peningkatan kapasitas.

Hal itu terungkap saat Calon Walikota Cirebon, Drs Nashrudin Azis SH bersilaturahmi dengan relawan pemenangan dan warga di kawasan Jagasatru, pada akhir pekan kemarin. Dari beberapa aspirasi yang disampaikan warga, satu diantaranya adalah persoalan kesehatan.

“Misalnya kalau ada warga yang sakit tertentu dan tidak bisa ditangani di RSD Gunung Jati, kemudian harus dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung, itu kita harapkan ada peningkatan perhatian dari pemerintah,” ungkap seorang kader kesehatan di Jagasatru, Pipit.

Selain peningkatan perhatian kepada kader kesehatan, sambung Pipit, kedepan diharapkan ada fasilitas penunjang bagi pasien dan pengantarnya apabila dirujuk ke rumah sakit lain. “Sehingga prosesnya semakin lancar. Pasien dan keluarga atau yang mengantar juga semakin mudah,” kata dia.

Dia juga berharap ada peningkatan kapasitas pelayanan di RSDGJ. Agar tidak ada lagi warga yang harus dirujuk ke rumah sakit lain, meskipun fasilitas penanganannya ada juga di RSDGJ. Hal itu terjadi karena fasilitas tersebut penuh penggunaan.

“Jadi tidak perlu ke luar kota, cukup di sini saja bisa diatasi, kalau fasilitas kesehatannya menampung,” ucapnya.