Tingkatkan Partisipasi Pemilih

217
DAPAT HADIAH. Salah satu hadiah jalan sehat yang digelar KPU Kuningan untuk menarik perhatian masyarakat dalam Pilkada 2018 serta pemilu 2019.

KUNINGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kuningan, menggelar Jalan Sehat Serentak Gerakan Sadar Pilkada 2018 dan Satu Tahun Menyongsong Pemilu Serentak 2019.

Dari pantauan di lapangan, KPU Kabupaten Kuningan melangsungkan kegiatan Jalan Sehat Serentak pada pukul 07.00 WIB sampai selesai di Kantor KPU Kabupaten Kuningan, Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPUD Kuningan serta Komisioner Divisi Hukum, Divisi SDM dan Parmas, dan Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Sekretaris dan para Kasubag KPU Kabupaten Kuningan, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan, Kapolres dan Wakapolres Kabupaten Kuningan, Kepala Satpol PP Kuningan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupatn Kuningan beserta segenap Partai Politik Peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan.

Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati menyampaikan, kegiatan jalan sehat ini diadakan dalam rangka Sosialisasi Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 kepada masyarakat Kabupaten Kuningan, yang diharapkan dari kegiatan ini masyarakat mendapatkan edukasi dan juga menumbuhsadarkan bahwa hak pilihnya pada gelaran Pilkada maupun Pemilu yang akan datang sangatlah berarti bagi kemajuan negeri ini kedepannya.

“Piharapkan Pilkada Kuningan bebas dari berita HOAX dan Ujaran Kebencian, Pilkada tahun ini harus lebih berkualitas harus lebih berintegritas, oleh karena itu kerjasama warga dan pemangku kepentingan sangat diharapkan, juga demi tercapainya angka indikator pemilih yang tinggi di Kabupaten Kuningan. Maka dari itu mari kita wujudkan pilkada serentak sebagai wahana edukasi demokrasi dan sebagai wahana wisata politik, serta jadikan Pilkada Kabupaten Kuningan ini sebagai yang Pilkada terbaik di Jawa Barat,” kata Heni.

Setelah menyampaikan sambutan, Ketua KPU Kuningan melepas peserta kegiatan Jalan Sehat Gerakan Sadar Pilkada 2018, dengan rute yang dilalui mencakup daerah sekitar Kuningan Kota. Pada kegiatan ini pula turut mengiringi peserta selama kegiatan jalan sehat yaitu Marching Band SMK Yamsik Kuningan.

Kegiatan jalan sehat berlangsung semarak dan meriah, ditambah dengan adanya unsur unsur hiburan, terutama dengan adanya Alumni Godlen Memories 2017 Indosiar Ade Gomes dan Artis Lokal lainnya.

Serta ada juga pembagian hadiah melalui pengundian kupon yang sebelumnya sudah diberikan kepada peserta sebelum gerak jalan sehat dimulai. Hadiah yang dibagikan kepada peserta yaitu Sepeda Gunung, Mesin Cuci, Lemari Es, Dispenser dan hadiah lainnya.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan oleh PPK Kecamatan Cigugur, ribuan masyarakat memadati jalur utama kecamatan cigugur. Mereka turun ke jalan melakukan aksi jalan sehat ‘sadar pilkada’ menyusuri rute kelurhan cugugur-situ-paseban-cileuleuy dan kembali longmarch dengan finish di alun-alun kecamatan Cigugur. Jalan sehat tersebut dilepas Katua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Cigugur, Iwan Darwansyah, SPdi,

“Karena potongan kuponnya harus diserahkan di rute pertigaan Cileuleuy, makanya peserta wajib ikut jalan sehatnya, namun tidak sekedar memburu hadiah,” ujar Divisi SDM dan Parmas PPK Cugugur Nunung N, Khazanah SIP. (ale)