TMMD 101 Kodim 0616 Indramayu; Bangun Fisik Hingga Penyuluhan

113
PENYULUHAN. Penyuluhan di bidang pertanian dan peternakan kepada warga Desa Cempeh, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu.

PROGRAM Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 101 Kodim 101 Indramayu di Desa Cempeh, Kecamatan Lelea itu bukan melulu pada kegiatan fisik semata. Kegiatan non fisik juga menjadi prioritas utama. Salah satunya pembekalan sejumlah keteramlian bagi masyatakat setempat.

Kodim 0616 Indramayu yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar penyuluhan sekaligus prlatihan tentang budidaya ayam buras bagi pemuda di desa yang mayoritasnya sebagai petani.

Kegiatan pelatihan tersebut dalam rangka memberdayakan masyarakat setempat guna meningkatkan perekonomian bagi mereka. Melalui  pelatihan, diharapkan bisa membuang usaha dalam bidang peternakan.

“Program pelatihan budidaya peternakan, masih dalam serangkaian kegiatan TMMD 101.  Budidaya di bidang peterbakan memang sangat menjajikan, tapi butuh waktu dan ketelitian dalam menjalankan usaha yang satu ini,”jelas Dandim Letkol Kav Agung Nur Cahyono S.I.P., M. Tr (Han) kepada wartawan, belum lama ini.

Ditambshkan,  sebagaian besar masyarakat Desa Cempeh itu sebagai petani, namun dengan kegiatan pelatihan budidaya ayam buras, masyarakat diharapkan mau menekuni kegiatan di bidang peternakan, selain di bidang pertanian. Mayoritas petani di Cempeh sebagai buruh tani dan sisanya lebih memilih wiraswata.

Hal senada disampaikan Kasi Penyuluhan Ir Dinoto MM. Ia menuturkan kegiatan penyuluhan ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat Desa Cempeh untuk membuka wawasan, bahwa kondisi alam Desa Cempeh selain bagus untuk pertanian, baik juga untuk peternakan, dan targetnya adalah mereka kut pelatihan dapat memproduksi ayam buras.

Cadiman (51), peserta pelatihan mengaku sangat antusias dengan pelaksanaan penyuluhan tersebut, karena pada umumnya masyarakat disini adalah berternak itik. Dan, ini sangat  cocok sekali karena ada sebagian warga yang menggeluti bidang usaha telur asin. “Yang jelas pelatihan ini mampu meningkatkan pengatuhan masyarakat dalam bidang peternakan,” jelasnya. (dun)

BAGIKAN