Tolak Pinggang Ahok Di Samping Jokowi

Tolak Pinggang Ahok Di Samping Jokowi

RAKYATCIREBON.ID-Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, ikut menemani Presiden Jokowi meninjau kawasan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kemarin. Foto-foto mantan duet maut di DKI Jakarta itu menghiasi dunia maya. Ada foto saat Ahok berbincang dengan Jokowi di dalam bus. Ada saat Ahok menyambut Jokowi. Ada juga saat Ahok asyik ngobrol sambil tolak pinggang berdua dengan Jokowi.

Ahok yang memakai kemeja putih berbalut jaket Pertamina dan bercelana hitam, sudah hadir di Kilang TPPI lebih dulu. Bersama Dirut Pertamina Nicke Widyawati, dia menyambut kedatangan Jokowi yang didampingi Menteri BUMN Erick Thohir. Mereka kemudian bersalaman.

Jokowi menempelkan tangan kirinya di lengan kiri Ahok, tanda keakraban. Senyum keduanya sumringah. Keduanya tampak terlibat perbincangan seru. Terlihat dari raut wajah mereka. Seperti bernostalgia. Ini pertama kalinya Ahok bertemu Jokowi di depan publik, saat Jokowi kunker usai Ahok menjabat Komisaris Utama Pertamina.

Setelah itu, keduanya mendengarkan presentasi dari Nicke soal restrukturisasi TPPI. Mereka menyimak dengan serius. Lalu, Ahok mendampingi Jokowi mengelilingi kawasan kilang TPPI. Mereka mengenakan helm proyek warna putih. Jokowi beberapa kali turun dari mobil dan melihat kilang minyak.

Ahok terus berada di samping Jokowi, menempelnya. Saat itulah, wartawan menjepret momen ketika Ahok bertolak pinggang di samping Jokowi. Wajah Ahok, yang ada di samping kiri Jokowi tampak serius. Sementara Jokowi tampak menyimak, meski melihat ke arah kilang. Ahok terus mendampingi Jokowi dari awal hingga sesi wawancara terakhir. Saat sesi wawancara, Ahok berada di sebelah kiri Jokowi. Sesekali, dia terlihat tersenyum.

Jokowi menyatakan, akan mengembangkan kilang TPPI itu menjadi industri petrokimia nasional yang menghasilkan beragam produk turunan petrokimia dan produk Bahan Bakar Minyak (BBM). “Ini merupakan salah satu kilang terbesar di negara kita, yang dapat menghasilkan produk aromatik, baik para-xylene, ortho-xylene, bensin, toluene, heavy aromatic, dan juga penghasil BBM, premium, pertamax, elpiji, solar, kerosene, ini bisa untuk semuanya,” ungkap Jokowi.

Melihat besarnya potensi kilang tersebut, Jokowi meminta Ahok, Erick, dan Nicke segera menyelesaikan kilang tersebut. “Tidak lebih dari 3 tahun, harus rampung semuanya. Mintanya tadi 4 tahun, 3 tahun harus rampung semuanya. Entah itu dengan kerja sama, entah itu dengan kekuatan sendiri. Saya kira ada pilihan-pilihan yang bisa diputuskan segera. Ini saya tunggu sudah 5 tahun,” tutur Jokowi.

Kilang TPPI sendiri sudah dibangun lebih dari dua dekade lalu. Namun kemudian tersendat karena beberapa masalah. Setelah TPPI diakuisisi, Pertamina akan membangun TPPI menjadi pabrik petrokimia terpadu. Apabila telah berproduksi secara penuh, kata Jokowi, TPPI memiliki potensi yang bisa menghemat devisa hingga 4,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 56 triliun.

“Ini merupakan substitusi. Karena setiap tahun kita impor, impor, impor. Padahal kita bisa buat sendiri, tapi tidak kita lakukan,” imbuhnya.

Jokowi berharap, setelah berproduksi maksimal, industri petrokimia ini dapat membantu menyelesaikan masalah defisit transaksi berjalan yang dialami Indonesia. “Ini adalah menyelesaikan masalah dari agenda besar negara ini yang sudah puluhan tahun enggak rampung-rampung,” ungkap Jokowi.

Terkait kepemilikan saham, setelah restrukturisasi Pertamina memegang saham mayoritas sebesar 51 persen. Sementara 47 persen saham dipegang oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan. Adapun 2 persen sisanya masih dipegang pemilik lama yaitu PT Silakencana Tirtalestari.

Ketimbang bicara soal kilang minyak TPPI, netizen alias warganet justru lebih menyoroti soal pertemuan Jokowi dengan Ahok. “Rindu mereka berdua seperti ini,” cuit @AnoLubis. “Kompak banget ya kalau berdua,” sambung @EddyRachmat10. Ada juga yang mengomentari foto Ahok bertolak pinggang di samping Jokowi. “Petentang petenteng gitu ya di depan bosnya,” kicau @Catrok9.

“Style orang lapangan sejati bukan tipe penjilat sendiko dawuh sambil mbungkuk mbungkuk sopan tapi khianat,” bela @BlongBanu. Akun @Asong66 juga bilang, foto itu keren. “Ini sih keren banget, menunjukkan keakraban keduanya. Nggak munafik, nggak basa-basi,” komentarnya. (rmco)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!