Ulama Cirebon Siapkan 15 Balon Sultan Baru Keraton Kasepuhan, Ini Kata Raden Udin Khaenudin

Ulama Cirebon Siapkan 15 Balon Sultan Baru Keraton Kasepuhan, Ini Kata Raden Udin Khaenudin

RAKYATCIREBON.ID-Usai penobatan Sultan Sepuh XV PRA Luqman Zulkaedin di Keraton Kasepuhan Cirebon masih bergulir. Salah satu anggota pendiri Dewan Familiki Kesultanan Cirebon, Raden Udin Khaenudin kepada rakyatcirebon.id munculnya 15 nama bakal calon Sultan Kasepuhan dianggapnya lumrah.

“Itukan pernyataan dari seseorang. Menurut saya sih sah-sah saja, lebih banyak lebih baik. Yang punya nasab berhak, tapi kan sekarang sultannya masih PRA Luqman Zulkaedin kok. Jadi, harus diselesaikan dulu persoalan konflik di intern keraton,”kata pendiri Dewan Famili Kerabat Kasultanan Cirebon ini, Senin (28/9).

Raden Udin mengaku belum mengetahui nama-nama ke-15 bakal calon sultan Kasepuhan tersebut.

“Terkait nasab atau tidak harus dibuktikan dulu. Bagi yang tidak mendukung PRA Luqman kan inginnya calon sultan yang baru itu harus bernasab Sunan Gunung Jati. Tapi kita harus tahu sekarang yang masih menjadi Sultan itu PRA Luqman Zulkaedin,”ucapnya.

Yang terpenting, masih kata Raden Udin, adalah selesaikan dulu konflik di intern keluarga keraton.

“Kami berharap dalam penyelesaian konflik intern keluarga keraton ini pemerintah ikut memediasi dan menjadi fasilitator, jangan sampai nanti ada muncul lagi yang macam-macam,”pungkasnya. Diketahui, tokoh Pemuda Ponpes Benda Kerep KH Muhtadi Mubarok mengatakan, pada perjalanannya sudah ada persiapan pengganti Sultan Baru. Dia mengaku, sudah menerima 15 nama dari keluarga Kasultanan Cirebon.

“Kita akan susun agenda besar, yaitu pelantikan sultan baru. Sejauh ini sudah ada 15 nama-nama yang disodorkan yang semuanya berasal dari trah asli Sunan Gunung Jati,” tutur Muhtadi usai seminar ulama dan akademisi terkait sejarah Kacirebonan di aula Masjid At Taqwa, Kota Cirebon, Senin (14/9/2020).

Sayangnya, Muhtadi belum menyebutkan siapa 15 nama yang diajukan keluarga Kasultanan Cirebon tersebut. Dia mengatakan, 15 nama tersebut akan menjadi fokus para ulama.

Fokus ulama untuk menemukan siapa Sultan baru yang diklaim adalah trah langsung Sunan Gunung Jati. Dia menyebutkan, 15 nama tersebut nantinya akan masuk dalam struktur inti di Keraton Kasepuhan Cirebon. (wb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!