Ungkap Keturunan Sultan Sepuh XI, Rahardjo Djali: Raden Soegiono Seharusnya Menaiki Tahta Saat Sultan Sepuh XI Wafat

Ungkap Keturunan Sultan Sepuh XI, Rahardjo Djali: Raden Soegiono Seharusnya Menaiki Tahta Saat Sultan Sepuh XI Wafat

RAKYATCIREBON.ID-Raden Rahardjo Djali mengungkapkan asal usul atau silsilah keluarganya. Menurut Rahardjo, silsilah keluarganya merupakan keturunan langsung dari Sultan Sepuh XI benar adanya, sehingga menurutnya, dirinya tidak mengaku-aku sebagai keturunan langsung dari Sultan Sepuh XI.

“Saya merupakan anak dari putri Sultan Sepuh XI atau cucu dari Sultan Sepuh XI. Kalau ada yang meragukan keaslian turunan ini, monggo hubungi kuasa hukum saya langsung (red-Erdi Soemantri),” tutur Rahardjo kepada rakyatcirebon.id, Selasa (10/11/2020).

Ia menambahkan, Ratu Mas Dolly Manawijah dikaruniai 2 putra 1 putri. “Saya merupakan putra pertama dari Ratu Mas Dolly Manawijah. Putri kedua, Ratu Andayani, dan terakhir Raden Dewantoro,” ungkapnya.

Ratu Mas Dolly Manawijah sendiri merupakan putri  dari Sultan Sepuh XI yang bernama Nji Mas Rukiah. Pada kesempatan tersebut, dia menjelaskan, silsilah keluarga Sultan Sepuh ke XI. Sultan Jamaludin Aluda Tajul Arifin menikah dua kali, istri pertama Raden Aju Radjapamerat (wafat 1922) dan kemudian menikah kembali dengan Nji Mas Rukiah (Wafat 1979).

Ratu Mas Dolly Manawijah memiliki saudara kembar laki-laki yang bernama Raden Soegiono.

Menurut Rahardjo, Raden Soegiono inilah yang seharusnya menaiki tahta saat Sultan Sepuh XI wafat. Sebab, istri pertama dari Sultan Sepuh XI yaitu Raden Aju Radjapamerat tidak memiliki putera laki-laki.

Pertanyaannya, siapa Sultan Sepuh XII yang bernama Alexander Radja Radjaningrat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!