Usulan Pecah Kian Nyata, FUAD Mulai Ancang-ancang

Usulan Pecah Kian Nyata, FUAD Mulai Ancang-ancang

RAKYATCIREBON.ID Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Dr H Muhammad Ali Ramdhani STP MT telah mendengar wacana pecah fakultas pada Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Ali pun menantang FUAD agar bersiap sejak dini.

Pihaknya sudah menerima proposal  pengembangan fakultas yang  dipecah menjadi 3 fakultas, yaitu Fakultas Ushuludin, Fakultas Adab, dan Fakultas Dakwah. Ditambah sejumlah jurusan baru yang akan ditambahkan yakni Jurusan Manajemen Dakwah, Sosiologi Agama, Jurnalistik Islam, Tasawuf dan Psikologi Islam, Sastra Inggris, Psikologi Islam, Seni dan Arsitektur Islam, serta Manajemen Haji dan Umroh.

Pernyataan tersebut disampaikan Ali saat menghadiri  Workshop Pengembangan Kelembagaan yang diselenggarakan Jumat – Selasa (16-20/10) diu Hotel Aston Cirebon. “Kita memberikan apresiasi atas kemampuan kepada fakultas ini untuk membaca masa depan memberikan kontribusi pada ruang ruang penciptaan manusia masa depan,” kata dia.

Sementara itu, Dekan FUAD IAIN Cirebon, Dr Hajam MAg menyatakan pengembangan ini sebagai dukungan untuk merealisasi percepatan transformasi IAIN ke UIN.

Secara internal, kata Hajam, pengembangan ini harus menjadi keniscayaan, karena memenuhi institusi dan juga memenuhi harapan masyarakat, dengan harapan pengembangan ini menuju suksesnya percepatan UIN.

“Dengan pengembangan ini juga bisa menjawab persoalan-persoalan kekinian, maka diperlukan jurusan keilmuan yang memadai,” jelasnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!