Uu Sudah Memberikan Bukti

Uu Sudah Memberikan Bukti

Walau begitu, tidak jarang tantangan hadir melalui rencana proyek pemerintah pusat yang secara kebutuhan bertentangan dengan kehendak masyatakat daerah. Namun hal tersebut sebenarnya dapat diselesaikan melalui jalur diplomatis.

“Pernah terjadi hal seperti itu, disaat keinginan pemerintah pusat membangun program di Tasikmalaya. Kami menolak dengan halus melalui berbagai alasan dan dalil. Pemerintah pusat akhirnya juga menerima. Itu karena masyarakat menolaknya,” tutur Uu.

Tidak dapat dipungkiri jika permasalahan terkait pelestarian lingkungan hidup di Jabar telah hadir mengakar sedari lama. Sehingga masalah tidak dapat diselesaikan sekejap mata. Diperlukan pemahaman mendasar dari masyarakat dengan waktu berjangka.

Untuk itu langkah paling strategis yang dapat dilakukan adalah dengan berdialog seraya memberikan pendidikan kepada masyarakat. Pasalnya sebaik apapun program pemerintah walau dengan anggaran besar dan sanksi tinggi, tapi jika tanpa partisipasi masyarakat maka tidak akan berarti apa-apa.

“Maka perlu melakukan komunikasi yang baik dengan masyarakat. Program pemerintah disampaikan dan keinginan masyarakat didengar. Karena tugas pemimpin adalah menyejahterakan masyarakat. Kalau gagal jadi pimpinan Jabar memang sakit hati. Tapi akan lebih sakit hati kalau jadi pemimpin Jabar yang gagal,” kata Uu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!