Wabup Indramayu Intruksikan Para PNS dan Aparat Desa Tingkatkan Kinerja

KROYA – Wabup Indramayu Supendi meminta pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun aparat desa untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Hal itu ditegaskan oleh orang nomor dua di Indramayu dalam kunjungannya ke kantor Kecamatan Kroya didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Kepala Inspektorat, Senin (28/9).

PNS Indramayu. Foto : Juju/Rakyat Cirebon

Kegiatan yang dipusatkan di  Gedung Koperasi Damai milik PGRI Kecamatan Kroya tersebut, Wakil Bupati yang hadir bersama Kepala BKD Drs Eddy Mulyadi S MM dan Inspektorat Drs Nuradi MSi, Camat Kroya Drs H  Akhmad MSi serta beberapa pejabat terkait.

Supendi mengungkapkan, disisa jabatannya sebagai Wabup Indramayu, dirinya menginginkan pelayanan masyarakat yang diterapkan baik ditingkat kecamatan, desa, pendidikan dan kesehatan dapat terus ditingkatkan.
Komitmen ini, lanjut Wabup Supendi merupakan tanggungjawab moral kepala daerah dalam mengayomi masyarakat. Untuk itu, dirinya mengharapkan kinerja aparatur ditingkat kecamatan ini tidak mengendurkan semangat dalam hal memberikan pelayanan.

Wabup menuntaskan ikhtiar ini dengan selalu bersama-sama karena tanpa kebersamaan tidak mungkin rencana besar ini akan dapat dicapai. “Oleh karenanya disisa masa jabatan saya dengan ibu Anna mohon dukungannya untuk dapat melanjutkan ikhtiar dengan memberikan pelayanan yang maksimal, sebab, beda pemimpin beda pula kebijakannya,” ungkap Wabup Supendi.

Diakuinya, meski kunjungan kerja di Kroya yang dilakukannya bukan berkampenye terlebih dirinya sebagai calon wakil bupati ini, pihaknya menuturkan bahwa kegiatan ini murni pembinaan tidak ada kaitan dengan kampanye.
Entah mengapa di sisa waktu massa jabatan ini banyak yang mengawasi terkesan ingin mencari kesalahan. Padahal dirinya masih terikat sebagai Wakil Bupati Indramayu yang kewajibannya menjalankan tugas sebagai wakil kepada daerah.

“Kehadiran saya ini bukan untuk berkampanye dan kapasitas saya di Kroya untuk memberikan pembinaan, saya kan masih menjadi Wakil Bupati,” kata Wabup didepan para PNS. Wabup menambahkan pembinaan ini harus diaplikasikan dalam bekerja pada instansi masing-masing. Sehingga, dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat maupun bangsa dan Negara. Karena keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sangat ditentukan oleh peranan pegawai sebagai unsur utama sumber daya aparatur negara.

Mengakhiri arahannya jelang Pilkada 2015, Wabup mengajak kepada para PNS di wilayah Kroya untuk tidak terlibat langsung ikut berkampanye. Namun, bukan berarti PNS tidak punya hak dalam menentukan pilihannya.  PNS itu tidak sama dengan TNI, Polri, tapi PNS masih boleh memilih. Masalah pilihan silakan tentukan sesuai hati nurani dengan harapan tidak ada golput demi suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak di Kab.Indramayu.

Sementara Kepala BKD Kabupaten Indramayu Drs Eddy Mulyadi S MM dihadapan Wabup, Camat dan Inspektur Inspektorat serta ratusan PNS dan Tenaga honorer menekankan pentingnya Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tanggungjawab (PDLT) sebagai satu kesatuan yang harus dimiliki PNS.
“Sebagai abdi masyarakat, kita tentu menginginkan sesuatu yang lebih baik misalnya karir dan jabatan, oleh karena itu jaga sikap dan perilaku serta pahami aturan,” katanya kepada Rakyat Cirebon.

Untuk itu,  Eddy mengharapkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas harus mengutamakan PDLT. Keempat komponen ini merupakan pilar pengabdian PNS dalam tugas kesehariannya. Kepala BKD ini juga kemudian mengulas satu persatu komponen tersebut. “loyalitas  pada pimpinan misalnya harus dapat diterjemahkan dengan baik, memahami instruksi atasan, bidang bertugas. ASN juga harus mampu mewujudkan misi organisai pemerintah dengan melaksanakan penuh tanggung jawab tugas yang diberikan kepada SKPD, serta membantu merumuskan kebijakan yang harus diambil dan disiplin dalam bekerja,” paparnya.

Untuk itu  Eddy, mengimbau kepada para ASN untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan aturan perundang–undangan, melaksanakan tugas kedinasan dengan sebaik–baiknya dan dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggungjawab, memelihara dan meningkatkan kekompakan.
Usai kunjungan kerja di Kroya Wabup Supendi pun melanjutkan kunjungan kerjanya ke Gabus Wetan didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Ir H Firman Muntako, Camat Drs Budi Setiawan MSi, para kuwu, pamong dan ratusan masyarakat tani.

Kunjungan kerja di Kecamatan Gabus Wetan tersebut membahas tentang bidang pertanian, terlebih Indramayu sebagai pemasok pangan tertinggi secara nasional. Wabup pun menyempatkan mengunjungi keluarga Supendi suami dari almarhum Ny Rini Susilawati yang meninggal saat bekerja di Taiwan pada minggu lalu. (han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!