Wagub Uu Dukung Transformasi IAIN jadi UIN

Wagub Uu Dukung Transformasi IAIN jadi UIN

RAKYATCIREBON.ID – Upaya transformasi kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UIN didukung Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum. Menurutnya, dengan bertransformasi menjadi UIN akan membuka kesempatan belajar bagi masyarakat lebih luas.  Yakni dengan bertambahnya fakultas dan jurusan baru sesuai kebutuhan masyarakat dan industri saat ini.

 “Syukur Alhamdulilah IAIN menjadi UIN yang menjadi cita-cita kita semua. Dengan menjadi UIN berarti jurusan atau pilihan untuk mahasiswa ini akan lebih bervariatif lagi dan juga ada pilihan jurusan pendidikan yang lebih ke duniawi,” ungkapnya kepada sejumlah media, Kamis (15/10).

Sebagai bentuk dukungan, Pemrov Jabar sudah menggelontorkan dana hibah Rp10 miliar untuk pengadaan lahan tambahan sebagai pra syarat menjadi UIN. Saat ini IAIN Cirebon sudah memiliki lahan lebih dari 30 hektare sesuai dengan yang disyaratkan Kementerian Agama (Kemenag). Sebagian diantaranya masih dalam proses hibah.

“”IAIN Cirebon ini termasuk telat, karena mungkin kemarin ada persyaratan yaitu lokasi yang menjadi pertimbangan ataupun persoalan lain yah,” papar Wagub.

Sebagai bentuk dukungan, dia memaparkan, secara moril Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menempuh. Adapun secara materil, pihaknya melihat perkembangan. “Karena perguruan tinggi atau universitas lain pun oleh Pemprov diperhatikan. Karena ini adalah kebersamaan pemerintah dengan insan-insan pendidikan di Jawa Barat dengan tujuan untuk meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) masyarakat Jawa Barat,” ujar Uu.

Untuk itu, Wagub berharap, bagi masyarakat Cirebon yang ingin berkuliah tidak usah jauh-jauh ke luar kota, bisa di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Terlebih, kampus ini akan bertransformasi menjadi UIN.

“Karena selain sesuai dengan masyarakat Cirebon secara rinci, juga UIN ini berada di wilayah Cirebon, sehingga biaya pun tidak terlalu mahal seperti kuliah di luar Cirebon. Makanya saya mendukung segera (transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UIN) dan masyarakat pun harus mendukung. Karena ini demi kebaikan masyarakat juga,” tandasnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!