Wakil Gubernur Jawa Barat: Pahami Protokol Kesehatan

Wakil Gubernur Jawa Barat: Pahami Protokol Kesehatan

RAKYATCIREBON.ID-Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum meminta semua masyarakat memahami protokol kesehatan. Hal tersebut guna mencegah penularan wabah Covid-19.

Kata dia, masyarakat harus punya kepedulian terhadap diri dan warga lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan. “Ada tiga benteng yang harus dipahami dan diterapkan oleh masyarakat,” kata Uu usai menghadiri acara silaturahmi pimpinan ponpes se-Kota Tasikmalaya di Gedung Dakwah, Kamis (1/10).

Dia menyebut tiga benteng atau 3M tersebut yakni menggunakan masker saat melakukan aktivitas, khususnya di luar rumah. Hal ini guna mencegah penularan Covid-19 karena tanpa pemeriksaan, tidak ada yang tahu seseorang membawa virus atau tidak.

Selanjutnya yakni mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas apapun. Hal ini guna membersihkan ketika ada virus yang menempel di benda-benda yang sempat dipegang.

Terakhir yakni menjaga jarak dengan orang lain sekitar satu meter dan menghindari kerumunan. Hal ini dikarenakan Covid-19 menular melalui droplet. Sehingga cara tersebut bisa meminimalisir penularan.

Kebijakan pemerintah dengan membatasi beberapa aktivitas masyarakat merupakan salah satu upaya agar tiga benteng tersebut bisa dilaksanakan. Maka dari itu masyarakat diminta patuh terhadap kebijakan pemerintah. “Ini untuk kebaikan kita bersama,” katanya seperti diukutip dari Radar Tasikmalaya (Fajar Indonesia Network Grup).

Namun demikian, jangan sampai pandemi menjadi alasan untuk bermalas-malasan, pada akhirnya masyarakat tidak produktif dalam mencari nafkah. “Akhirnya hanya menunggu bantuan dari pemerintah, itu tidak bagus juga,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui Gugus Tugas Kota Tasikmalaya memberlakukan berbagai larangan termasuk pembatasan aktivitas di malam hari. Hal ini agar penularan Covid-1 bisa ditekan. (rga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!