Wali Kota Cirebon: Kawasan BAT, Yos Sudarso, Kebumen, Pasuketan akan Jadi Kawasan Kota Lama

310
Gedung British America Tobacco (BAT), salah satu sudut kawasan kota tua di Kota Cirebon.FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

RAKYATCIREBON.ID-Keberadaan kawasan Kota Kuno sekaligus Kota Tua di sekitar kawasan Keraton Kasepuhan sangat menjual sebagai daya tarik wisata. Selama ini keberadaan potensi destinasi wisata budaya sejarah itu, sama sekali belum tersentuh karena tenggelam oleh pamor Keraton Kasepuhan.

Padahal keberadaan kota tua sekaligus kota kuno di kawasan Keraton Kasepuhan sangat menjual menjadi destinasi wisata. Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, pada tahun 2020 akan mengembangkan dan menata kawasan kota lama untuk menarik wisatawan datang ke Kota Udang tersebut.

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis mengatakan pada tahun 2020 mendatang Kota Cirebon akan tampil berbeda dengan hadirnya kawasan kota lama yang tertata.

“Kawasan BAT, Yosudarso, Kebumen, Pasuketan akan menjadi kawasan kota lama,” kata Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis, Jumat (29/11).

Azis mengatakan Cirebon memiliki potensi wisata yang besar. Keberadaan kota lama di Cirebon, lanjut dia, tak kalah dengan kota lama di Semarang, Jakarta, dan beberapa kota lainnya.

“Cirebon sekarang akan mempunyai kawasan kota lama seperti yang ada di Semarang, Jakarta, dan sebagainya,” ujar Nasrudin Aziz.

Sementara ketika ditanya terkait adanya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di kawasan tersebut Azis, memastikan akan menata mereka dan bahkan akan dibantu pemasarannya.

“Kita juga akan menata para PK dan kita bantu pemasarannya, yang penting dagangan mereka bisa laku dijual,” ujar Nasrudin Aziz. (antara)

BAGIKAN