Walikota Klaim Masih Harmonis dengan Sekda

4
Muncul Tiga Kandidat Kuat, Mutasi Masih Digodok BK-Diklat

KEJAKSAN– Rumor pergantian sekretaris daerah (sekda) Kota Cirebon terus menghangat di kalangan pejabat pemkot. Sejumlah pejabat di lingkungan Balaikota Cirebon terus berspekulasi terkait rumor itu.Bahkan, sedikitnya tiga nama pejabat yang disebut-sebut akan menggantikan Drs Asep Dedi MSi dari posisi sekda.
walikota cirebon azis
Walikota Cirebon, Drs H Nasrudin Azis SH. Doc.Rakyat Cirebon 
Ketiga pejabat itu yakni, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BK Diklat) Drs Anwar Sanusi MSi, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Taufan Bharata SSos dan Staf Ahli Walikota Bidang Hukum dan Politik Drs Abidin Aslich. Khusus untuk nama yang terakhir, disebut-sebut menjadi kandidat kuat.
“Memang mutasi itu kan haknya Pak Walikota. Tapi sebagaimana diatur dalam UU ASN, bahwa kepala daerah bisa melakukan pergantian sekda bila kinerjanya tak mencapai target,” kata sumber Rakcer di lingkungan balaikota, kemarin.
Menurutnya, beberapa persoalan yang jadi kewenangan sekda untuk menyelesaikan, tidak selesai.
Ia bahkan menyebutkan, walikota masih terus mempertimbangkan untuk mengganti sekda.  Pasalnya, untuk melakukan itu, walikota mesti mengacu pada UU ASN. Salahsatu poinnya, pergantian sekda harus melalui pansel dan dilakukan dengan sistem sejenis lelang atau open bidding. “Jadi harus berhati-hati, mengacu pada UU ASN,” katanya.
Sementara itu, Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis SH mengakui, pihaknya masih terus melakukan penggodokan nama-nama pejabat yang akan terkena kebijakan mutasi, rotasi dan promosi.“Tadi (kemarin, red) saya juga membicarakan itu (mutasi, red). Pak Sekda sama Pak Anwar Sanusi hari ini (kemarin, red) ketemu saya untuk melaporkan ke saya, siapa-siapa saja (pejabat) yang memenuhi persyaratan,” ungkap Azis, ditemui di gedung PDAM Kota Cirebon, kemarin.
Setelah melihat daftar nama pejabat yang memungkinkan untuk dimutasi, rotasi atau promosi, Azis baru akan menentukan ploting jabatan. Termasuk, Azis juga tengah mempertimbangkan untuk mutasi maupun rotasi pejabat eselon II. “Kita lihat apakah bisa eselon II juga,” kata politisi Partai Demokrat itu.
Pria yang juga pernah menjabat posisi ketua DPRD Kota Cirebon itu berharap, pelaksanaan mutasi, rotasi dan promosi mendatang bisa menghasilkan sebuah formasi pejabat yang solid. “Saya berharap mutasi ini akan menghasilkan sebuah tim kerja yang solid,” kata dia.
Disinggung soal rumor pergantian sekda, Azis mengaku, sampai sejauh ini dirinya belum berpikir untuk melakukan itu. “Saya sama sekali belum merencanakan mutasi sekda. Karena selama ini sekda menjadi tulang punggung bagi pemkot. Dan saya harmonis sama Pak Sekda,” katanya. (jri)
BAGIKAN