Warga Diminta Cek DPS Pilkada

9
INDRAMAYU – Pasca ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2015 belum lama ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu menyebarkan pengumumannya di tempat-tempat strategis.Pengumuman berisi nama-nama pemilih itu diminta untuk dicek oleh masyarakat sebelum dilakukan perbaikan pada 20 September nanti.

Komisi Pemilihan Umum. Doc.kpu.go.id

Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Indramayu, Drs H Madri mengatakan, sesuai hasil pemutakhiran yang dilaksanakan pihaknya telah menetapkan DPS sebanyak 1.383.808 yang terdiri dari 686.231 laki-laki dan 697.577 perempuan.
Jumlah itu tesebar di 317 desa/kelurahan dengan 2.781 Tempat Pemungutan

Suara (TPS). “DPS yang sudah ditetapkan diumumkan mulai tanggal 10 sampai 19 September,” jelasnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin (12/9) saat ditemui usai sosialisasi akbar. Pengumuman tersebut disebar dengan cara ditempel pada tempat-tempat strategis. Diantaranya di kantor desa/kelurahan dan tempat-tempat umum yang dianggap strategis.

Bagi masyarakat diimbau agar segera melihat dan mengecek guna memastikan sudah terdaftar atau belum. Apabila belum, maka segera menghubungi PPS di desa atau kelurahan masing-masing untuk didaftar.

“Bagi pemilih yang terdapat kesalahan atau kekurangan dalam daftar diminta untuk secepatnya dilengkapi atau diperbaiki,” ujarnya. Selain itu, jika dalam daftar terdapat nama pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) agar segera dilaporkan kepada PPS untuk dilakukan pencoretan dari DPS.

Kriteria pemilih TMS tersebut meliputi yang bersangkutan telah meninggal dunia, pindah domisili, berubah status menjadi TNI/Polri, belum genap 17 tahun dan belum menikah pada hari H pemungutan suara.

Berikutnya pemilih yang telah dipastikan tidak ada keberadaannya, terganggu jiwanya berdasarkan surat keterangan dokter atau keluarganya. Serta pemilih yang sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan keputusan pengadilan dan mempunyai kekuatan hukum tetap. “Masa perbaikan DPS dari tanggal 20 sampai 25 September,” sebutnya. (tar)

BAGIKAN