Waspada, Banyak yang Mengaku Ubi Cilembu

157
RK
PENDAMPINGAN. Cagub Jabar nomor urut 1 Ridwan Kamil berkomitmen memberikan pendampingan hukum agar produksi hak paten ubi tersebut tetap terjaga.

PRODUKTIVITAS unggulan yang dimiliki Kabupaten Sumedang, Ubi Cilembu yang sudah memiliki Indikasi Geografis (IG). Namun daerah lain yang menanam Ubi Cilembu,  menjual produknya sebagai Ubi Cilembu.

“Secara etika bisnis  jelas pembohongan dan membuka persaingan tidak sehat. Karena Ubi Cilembu sesuai wilayah IG ditanam hanya  di Sumedang,”  kata Ketua Asosiasi Agro Bisnis Ubi Cilembu (Asaguci) Asaguci, Hadie Guna saat dikunjungi kandidat Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Ridwan Kamil di Rumah Pengolahan Ubi Cilembu di Desa Cilembu belum lama ini.

Menurut dia, banyak petani ubi merasa kecewa karena banyak ubi di luar IG Sumedang mengaku-ngaku sebagai Ubi Cilembu.  Karena itu, petani berharap diberi fasilitas bantuan hukum agar persoalan ini bisa diselesaikan. Kepada Ridwan Kamil, Hadie meminta agar kelak jika  Ridwan Kamil terpilih sebagai pemimpin Jabar bisa melindungi wilayah IG ubi Cilembu.

Mendengar keluhan tersebut, Ridwan Kamil berkomitmen memberikan pendampingan hukum agar produksi hak paten ubi tersebut tetap terjaga.  Ubi Cilembu menurutnya sudah terdaftar dalam IG Ubi Cilembu Sumedang, sehingga pelabelannya harus dilindungi.

“Bantuan hukum, kita pelajari untuk memastikan  enggak ada yang ngaku-ngaku jual Ubi Cilembu dari Sumedang, padahal ditanam di daerah lain sehingga membohongi konsumen. Produknya sama padahal tanah dan cuaca menentukan rasa,” ucap wali kota terbaik dunia tahun 2014 itu.