Waspadai Potensi Kericuhan

Polres Cirebon Gelar Simulasi Pengamanan Pencoblosan

441
SIMULASI. Guna mengantisipasi terganggunya kondusifitas selama waktu pencblosan di tempat pemungutan suara, Polres Cirebon mencoba untuk menggambarkan situasi beserta permasalahan yang mungkin terjadi.

SUMBER – Guna mengantisipasi terganggunya kondusifitas selama waktu pencblosan di tempat pemungutan suara, Kepolisian Resor (Polres) Cirebon mencoba untuk menggambarkan situasi beserta permasalahan yang mungkin terjadi. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari pencegahan kericuhan akibat kurang sigapnya pengamanan yang diberlakukan.

Terlihat, Senin (25/6) di Mapolres Cirebon, beberapa permasalahan yang coba diangkat oleh polres saat simulasi adalah berkaitan dengan daftar pemilih. Tidak terdaftarnya seorang warga dalam DPT serta tidak adanya undangan yang diterima warga menjadi fokus dari kepolisian untuk diamankan.

Langkah dan permasalahan yang diangkat dalam simulasi ini dirasa tepat karena persoalan DPT setiap kalinya selalu menimbulkan keributan. Disamping itu, kesiapsiagaan para petugas pengamanan menjadi kunci tertib dan lancarnya pelaksanaan pencoblosan.

Dijelaskan Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto SIK MSi kepada wartawan, simulasi yang dilakukan oleh polres ini berbeda dengan yang dilakukan oleh penyelenggara pilkada. Dia mengatakan, perbedaan bukan terletak pada tata cara pelaksanaan.