Waspadai Titik Rawan Pasca Pilwu

73
Masa Sanggah hanya 30 Hari, Pengawas Beri Perhatian Khusus

SUMBER– Tim pengawas pemilihan kuwu di setiap kecamatan dikumpulkan di Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), kemarin. Ketua Tim Pengawas Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak, Hendra Nirmala menjelaskan, pada pelaksanaan pemilihan kuwu serentak ini terbagi menjadi tiga kepanitiaan.

pilwu serentak cirebon
Rapat Panwas Pilwu. Foto : Ahmad Asari/Rakyat Cirebon 

Yang pertama, kata Hendara tim fasilitasi, kemudian pengamanan dan pengawas. “Masing-masing memiliki kewenangan berbeda,” katanya kepada Rakyat Cirebon. Disinggung mengenai pertemuan pengawas, Hendara menyebutkan, untuk mengevaluasi kinerja pengawas dalam rangka suksesi pilwu serentak.

Dikatakan Hendra, yang perlu mendapat perhatian khusus adalah pada saat setelah pemilihan kuwu, atau pada saat masa sanggah selama 30 hari usai pemilihan.  Karena, kata Hendra, kemungkinan akan timbul masalah, mengingat dalam setiap pemilihan ada yang puas dan tidak.

“Masa sanggah ini dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah yang timbul setelah pilwu. Di sini tugas dari pengawas yakni menyelesaikan permasalahan tersebut,” terang Staf Ahli Bagian Pemerintahan ini. Dijelaskan Hendra, selesai pemilihan kepala desa, seluruh orang yang terpilih langsung ditetapkan. Sedangkan, sebelum ditetapkan, semua masalah harus diselesaikan terlebih dahulu

“Gak tahu aturannya seperti apa di Purwakarta, kalau kita taat azas. Semuanya tahapan yang dilalui harus sesuai dengan aturan yang ada,” imbuh dia. Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan, Rahmat Sutrisno mengatakan, untuk menciptakan pilwu yang aman dan damai perlu ada sinergitas dari fasilitasi, kemanan dan pengawasan. Karena tiga kepanitiaan ini memiliki wewenang yang sangat penting.

“Dalam pengawasan tentu pengawas harus melihat jalannya tahapan pilwu sesuai atau tidak. Bukan hanya itu, pengawas juga harus bisa menyelesaikan persoalan yang ada,” jelasnya.

Ia berharap, pelaksanaan pilwu yang tinggal menghitung hari lagi, bisa berjalan dengan baik. Jika melihat tahapan yang sudah dilalui, dirinya yakin semuanya bisa berjalan dengan aman.  “Saya selaku ketua tim fasilitasi ya tentu menginginkan semuanya berjalan sesuai dengan yang dijadwalkan. Kemudian yang terpenting berjalan tanpa ekses,” tandasnya. (ari)

BAGIKAN