WHO Tetapkan Darurat Kesehatan Global, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

81
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/RMOLJabar

RAKYATCIREBON.ID- Wabah virus corona telah ditetapkan WHO (World Health Organization) sebagai darurat kesehatan global. Pasalnya, WHO mencatat sebanyak 11.374 laporan terkait visus tersebut, di mana 259 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Menanggapi penetapan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menuturkan, Pemprov Jabar saat ini juga telah memberlakukan status siaga satu dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Jawa Barat sudah dikondisikan untuk waspada dan siaga satu terkait antisipasi virus corona,” tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya @ridwankamil, Sabtu (01/02).

Emil sapaan Ridwan Kami mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh tenaga kesehatan di Jawa Barat untuk saling bersinergi mengantisipasi sebaran virus yang bermula di Kota Wuhan, China tersebut.

“Pintu-pintu masuk ke Jawa Barat, Puskesmas, rumah sakit dan seluruh tenaga kesehatan semua sudah dikoordinasikan untuk saling bersinergi dan sigap terhadap isu ini,” tambahnya.

Selain itu, Emil juga mengimbau masyarakat, khususnya di Jawa Barat tak menyebarkan berita hoaks sebaran virus tersebut. Dalam 2 minggu terakhir, kata dia, telah beredar berita hoaks di media sosial yang tentunya sangat meresahkan masyarakat.

“Untuk warga Jawa Barat, hindari menyebarkan informasi yang belum pasti terkait isu virus corona ini. Dalam dua minggu terakhir beredar berita hoaks atau disinformasi di media sosial dan WAG (Grup Whatsapp) yang beredar di masyarakat,” tuturnya.

“Mari waspada namun tetap rasional dan selalu tabayun. Semoga Allah Swt melindungi kita dan menjauhkan Indonesia dari marabahaya,” ajak Emil. (rmol)

BAGIKAN